Notification

×

Iklan

Iklan

Kerja Bakti Massal, Maurits-Hengki Berharap Warga Tetap Semangat Gotong Royong

Senin, 05 April 2021 | 14:23 WIB Last Updated 2021-04-05T06:24:01Z

 


BITUNG KOMENTAR-Salah satu fokus Pemerintah Kota Bitung dalam hal Kebersihan Lingkungan dibuktikan kedua pasangan Walikota dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Hengki Honanda dengani ikut turun langsung melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.


Maurits usai pelaksanaan kerja bakti memberikan penjelasan. Dikatakannya, program bersih-bersih itu ditujukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup.


"Kami berharap dengan kerja bakti ini bisa memunculkan semangat gotong-royong kepada kita semua. Kita bisa semakin peduli pada lingkungan dan terus melestarikannya," ujar Mantiri.


Senada disampaikan Hengky. Menurut dia, meski terkesan sepele, manfaat dari gotong royong menjaga kebersihan lingkungan sangat besar.


"Yang pertama tentu membuat lingkungan jadi sehat sehingga bisa mencegah penyebaran berbagai jenis penyakit. Tapi selain itu manfaat dari gotong-royong juga untuk memupuk kebersamaan. Kita bisa menjaga hal itu dan pada gilirannya memberi dampak positif terhadap kehidupan bermasyarakat," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Bitung, Sadat Minabari, juga turut berbicara. Ia menyatakan jika kerja bakti itu juga sebagai bentuk pencegahan resiko bencana.


"Dengan rutin membersihkan sampah maka kita bisa meminimalisir potensi bencana. Karena seperti yang sering terjadi, banjir di Bitung kerap disebabkan oleh terganggunya drainase akibat penumpukan sampah," katanya.


Sadat turut menyampaikan imbauan terkait penanganan sampah. Beberapa hal yang harus diperhatikan terdiri dari penggunaan wadah yang hanya sekali pakai, pemisahan sampah organik dan non organik, waktu pembuangan sampah yang berlaku dari pukul 18.00 WITA-06.00 WITA, menghindari munculnya lokasi baru pembuangan sampah, serta menghindari pembuangan sampah bersifat spesifik atau luar biasa, semisal puing-puing bangunan, pecahan kaca dan potongan pohon.


Pelaksanaan kerja bakti dimaksud dilakukan di seluruh wilayah di Kota Bitung. Tak hanya jajaran pemerintah, unsur Forkopimda serta TNI/Polri ikut ambil bagian di dalamnya.

×
Berita Terbaru Update