Notification

×

Iklan

Iklan

Berkas Demokrat Versi KLB Akan di Proses Cepat Oleh Menkumham

Kamis, 18 Maret 2021 | 17:14 WIB Last Updated 2021-03-18T09:14:48Z


JAKARTA KOMENTAR-Politicanews: Menteri Hukum dan HAM (Menkumhas) Yasonna Laoly berharap bisa memproses berkas data Partai Demokrat kubu Moeldoko sehingga sengketa internal Partai Demokrat tidak berlarut-larut.

Yasonna mengungkapkan kementeriannya telah menerima dokumen permohonan pengesahan Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang pada Senin (15/3). Sekarang ini dalam tahap penelitian berkas.

“Saya berharap penelitian bisa diselesaikan dalam waktu singkat sehingga tidak berlarut-larut. Kalau sudah saya ambil keputusan mereka masih berselisih, maka merekalah yang bertempur di pengadilan,” kata Yasonna di Jakarta kemarin.

Ia mengatakan, kementerian yang dipimpinnya akan melihat ketentuan undang-undang serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai, termasuk melihat dokumen pelaksanaan KLB dan keabsahannya. “Bagaimana ini kita teliti dulu, nanti misalnya kalau tidak lengkap, kita beri waktu,” ujar Menkumham.

Ia menambahkan, jika dalam tahap penelitian tersebut kementerian terkait menemukan adanya berkas yang tidak lengkap, Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang, Sumatra Utara, harus segera melengkapi. “Kalau mereka tidak bisa melengkapi, misalnya, lain lagi cerita,” ujar dia.

Oleh sebab itu, Kemenkumham akan mempelajari dan melihat dulu apa saja kelengkapan dokumen yang diserahkan. Kemenkumham juga sedang memeriksa satu per satu berkas tersebut. Sebagai contoh struktur kepengurusan, maka harus dipastikan apakah memang benar masuk dalam kepengurusan partai berlambang mercy tersebut atau tidak.

Sebelum Partai Demokrat kubu Moeldoko menyerahkan berkas tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terlebih dahulu sudah menyerahkan dokumen partai. “Jadi, kita cross check saja dari SK dan lain sebagainya,” ujarnya.

Beeita ini sudah di publis politicanews.id edisi 18 Maret 2021

×
Berita Terbaru Update