Notification

×

Iklan

Iklan

Bee Cukai Bitung Dorong Ekspor Untuk Pemulihan Ekonomi Dengan Cara Ini

Senin, 08 Maret 2021 | 18:32 WIB Last Updated 2021-03-08T10:32:57Z

 


BITUNG KOMENTAR-Bea Cukai Bitung terus melakukan upaya meningkatkan ekspor agar membantu pemulihan ekonomi nasional (PEN) lewat kebijakan direct call export, ekspor perdana, khususnya di wilayah Sulawesi Utara masih terus berlanjut. Sinergi antar instansi yakni Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara berhasil mewujudkan ekspor perdana CV. Ken Jaya Perkasa berupa frozen tuna dengan berat total 10 ton ke Australia dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung, Senin (8/3/2021).


Agung Riandar Kurnianto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Bitung turut hadir secara langsung untuk menyaksikan pelepasan ekspor perdana ini. Dalam sambutannya, Agung mengucapkan selamat kepada CV. Ken Jaya Perkasa.


"Atas nama KPPBC TMP C Bitung, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada CV. Ken Jaya Perkasa atas ekspor perdana produk perikanan ke Australia melalui Pelabuhan Hub International Bitung. Semoga ini merupakan awal yang baik untuk CV. Ken Jaya Perkasa dalam mengembangkan perusahaan dan mengenalkan produk Sulawesi Utara ke masyarakat dunia" ujar Agung.


Dalam sambutannya, Agung mengungkapkan harapannya kepada CV. Ken Jaya Perkasa bahwa dengan ekspor perdana ini bisa menambah potensi muatan kontainer ekspor sehingga menarik minat perusahaan pelayaran internasional untuk membuka jalur pelayaran langsung ke luar negeri.


Agung pun menjelaskan kesiapan Bea Cukai Bitung untuk memfasilitasi CV. Ken Jaya Perkasa dalam hal pengembangan usaha.


"Kami siap memberikan bantuan dan dukungan kepada CV. Ken Jaya Perkasa dalam pengembangan usaha dengan memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang ada seperti Fasilitas Kawasan Berikat, Fasilitas KITE dan juga proses kepabeanan lainnya yang dibutuhkan serta dapat kami sampaikan semua layanan kami tanpa biaya" kata Agung.


Sementara, Komisaris CV. Ken Jaya Perkasa Susan Lonteng menyambut baik harapan - harapan, motivasi, dan dorongan yang disampaikan oleh stakeholders.


"Terima kasih untuk pihak - pihak terkait yang menyukseskan kegiatan ekspor ini. Dengan semua dukungan yang ada kami sadar bahwa ternyata kami tidak bergerak sendiri. Ada andil orang - orang hebat dari karantina, kelautan, dan bea cukai" ungkap Susan.


Susan berharap bahwa dengan dukungan ini akan terus mendorong perusahaan agar dapat terus berkontribusi untuk memajukan Provinsi Sulawesi Utara dengan menghasilkan produk - produk perikanan yang unggul dan diterima di mancanegara. 


Acara dilanjutkan dengan penyegelan kontainer yang dilakukan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bitung, Agung Riandar Kurnianto, Penempelan Stiker Segel Karantina Ikan oleh Hatta Arisandi, Kepala BKIPM Manado, dan Pelepasan Balon oleh perwakilan stakeholder yang hadir.


×
Berita Terbaru Update