Notification

×

Iklan

Iklan

Sambuaga: Prediksi BMKG Cuaca Ekstrim Masih BisaTerjadi Sampai Akhir Februari

Selasa, 19 Januari 2021 | 01:12 WIB Last Updated 2021-01-18T17:26:55Z

 

MANADO KOMENTAR- Mencermati Cuaca Ekstrim, yang terjadi pada 16 januari 2021 lalu di Manado dan sekitarnya, hingga mengakibatkan banjir dan tanah longsor serta meluluh lantakan sejumlah pemukiman warga dan fasilitas umum di kota Manado.


Dari peristiwa alam ini seakan mengingat peristiwa beberapa tahun silam saat banjir bandang menghantam seantero wilayah diKota Manado.


Sehubungan dengan kejadian alam beberapa hari yang lalu, saat terjadi hujan lebat dan mengakibatkan banjir dan tanah longsor pada akhirnya merenggut korban jiwa dan kehilangan harta benda, membuat pemerintah Kota Manado turut prihatin dengan kejadian tersebut.hal ini di Ungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado, Donald Sambuaga.S.STP.


" Kami turut prihatin dengan kejadian ini, yang diluar perkiraan kami, terjadi bencana alam dan disertai cuaca ekstrim, kemudian prediksi BMKG bahwa Cuaca Ekstrim ini masih akan terjadi i untuk wilayah manado dan sekitarnya sampai akhir februari nanti" Kata Donald Sambuaga kepada sejumlah wartawan senin 18/1.2021.


Sambuaga juga menghimbau kepada masyarakat Kota Manado jika masih terjadi peristiwa serupa agar menjauhkan diri dari tempat-tempat yang rawan bencana banjir dan tanah longsor.


" Masyarakat juga di himbau jika hujan sudah diatas 1 jam dan melihat ada tanda- tanda buruk maka masyarakat harus cepat untuk menghindar ke tempat yang aman, apalagi yang tinggal di lereng-lereng gunung harus diantisipasi secepatnya untuk cari ke tempat yang lebih terkendali." Ujar Sambuaga.


Diketahui pula  banjir dan tanah longsor sudah merenggut 6 orang meninggal dunia dan puluhan rumah rusak berat dan ringan.


"Mengakibatkan 6 orang meninggal dunia dan sejumlah rumah rusak berat dan ringan seperti wilayah kecamatan Tikala,paal2 dan Malalayang."Sebut Donald 


Menurutnya kejadian alam ini tak bisa diketahui kapan peristiwa alam ini terjadi.

"Peristiwa tanah longsor dan banjir bahkan air Laut yang naik. sebagaimana terjadi pada minggu 18 januari dikota manado tak bisa dihindari, menurutnya hanya BMKG yang bisa prediksi bencana itu datang.karena itu warga tak mudah percaya akan isu terkait bencana. " Beber Sambuaga.

Sementara itu dari.pihak Swasta dalam hal ini Indomaret ikut memberi bantuan kepada korban bencana.


"Sekertaris Kota Manado, pak Mickler Lakat ikut menerima bantuan tersebut dari Indomaret yang turut peduli dengan  korban bencana alam" Kata Donald Sambuaga.


Selanjutnya bantuan tersebut akan segera  disalurkan mengingat warga korban bencana sudah sangat membutuhkan bantuan.


" Tinggal menunggu arahan dari Walikota GSVL untuk disalurkan secepatnya, hanya memang baru Indomaret yang telah memberi bantuan tersebut." tandas Sambuaga.


Pemkot Manadi sangat  berterima kasih dengan adanya bantuan dari pihak Indomaret, berharap nanti ada bantuan dari swasta yang lain.


Peliput( Jo-van)







×
Berita Terbaru Update