Notification

×

Iklan

Iklan

KETUA DEKRANASDA BOLMONG TERIMA BUKU PESONA BAJU ADAT PENGANTIN INDONESIA

Kamis, 07 Januari 2021 | 14:12 WIB Last Updated 2021-01-07T06:12:57Z

BOLMONG-KOMENTAR.CO.ID Ketua Dekranasda Kabupaten Bolaang Mongondow, Ny. Lesly Lanny Tuuk-Kaligis menerima buku Pesona Baju Adat Pengantin Indonesia dari Ketua Bhayangkari Bolaang Mongondow, Ny. Lesly Indra Permana H ( Kamis,7/1/2021). Penerimaan buku yang berasal dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat itu dilakukan di Rumah Adat Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow. 


Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Bhayangkari dan Sebagian Pengurus Bhayangkari Polres Bolaang Mongondow, Ketua Dekranasda dan perwakilan pengurus Dekranasda Kabupaten, Sangadi Mengkang dan Lembaga adat Desa Mengkang. 


Lesly Lanny Kaligis mengapresiasi buku Pesona Adat Pengantin Indonesia yang merupakan program Dekranasda pusat yang pendistribusiannya melalui Bhayangkari. Untuk itu, ucapan terima kasih  kepada  Ketua Bhayangkari Polres Bolmong, Ny. Lesly Indra Permana H yang sudah melaksanakan kegiatan ini. 


Menurut Lanny, " Dekranasda sebagai wadah para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Pendistribusian buku ini sangat bermanfaat dan dapat membawa dampak positif bagi UKM dan IKM dalam mengembangkan kreatifitasnya.

“Harapannya buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam mengembangkan usaha terutama yang bergerak dalam usaha pakaian adat pengantin,” ujarnya.


Selain itu, kata Lanny ini juga untuk melestarikan budaya supaya di Kabupaten Bolaang Mongondow pakaian adat pengantin masih tetap bisa dilihat generasi penerus.


Sementara itu Ny.Lesly Indra Permana H  menjelaskan pendistribusian buku tersebut disalurkan ke daerah. 


"Didistribusikan kepada masing-masing daerah sejumlah 6 buku yakni 5 buku untuk Dekranasda kabupaten dan 1 buku untuk Ketua Bhayangkari kabupaten. " ungkap istri tercinta dari Kapolres Bolmong.


“Tujuan  untuk memberikan edukasi-edukasi bagi para pelaku UKM agar lebih kreatif dalam menjalankan usahanya dan sekaligus memberikan informasi bahwa Indonesia memiliki banyak ragam, suku dan budaya termasuk pakaian adatnya juga supaya lebih memajukan,” ujarnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Bolmong, Ibu Lanny Kaligis ini menyerahkan bingkisan Ciri khas Bolaang Mongondow yaitu kain tenun Burung Maleo, Tas rajutan daun nenas dari UKM Muntoi dan produk olahan makanan khas kerajinan UMKM Bolaang Mongondow. Sekaligus memberikan ucapan  banyak terima kasih kepada Dinas Perindag dan ESDM yang sudah membantu suksesnya acara ini.


" Atas nama pengurus Dekranasda Bolaang Mongondow mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Dinas Perindag dan seluruh staf yang terus bersinergi dan  sudah berusaha mengumpulkan hasil kerajinan UKM Bolmong termasuk didalamnya UKM Muntoi. " ungkap Lesly Kaligis, istri tercinta Wabup Bolmong sekaligus ketua Komisi 2 DPRD Kab. Bolmong.  (VALENTINO).


×
Berita Terbaru Update