Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala BP2MI Sulut, Hendra Makalalag: Pekerja Migran Sebagai Sumber Devisa Sulut

Senin, 25 Januari 2021 | 22:40 WIB Last Updated 2021-01-25T14:40:50Z

 



MANADO KOMENTAR- Upaya Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia(BP2MI) Sulut terus bekerja optimal guna berdayakan kaum pekerja migran Indonesia, sulawesi utara bekerja diluar negeri.





Peluang ini menjadi tantangan dan harapan bagi para pencari kerja di Sulut, saat berbincang, Kepala BP2MI Sulut Hendra Makalalag bersama sejumlah wartawan diruang kerjanya Senin 25/1.2021.terungkap dari dialog tersrbut bahwa pekerja migran Indonesia diluar negeri sangat diminati.





Kaitan hal tersebut Makalalag mengungkapkan bahwa pekerja migran Indonesia sangat dibutuhkan, dimanca negara, antisipasi hal tersebut maka sumber daya pekerja perlu diberdayakan, terutama untuk negara tujuan seperti Jepang.





" Pekerja Migran seharusnya harus disiapkan SDMnya sedini mungkin agar mereka dapat diterima bekerja, kemudian bekerja diluar negeri tersebut adalah sebagai sumber pendapatan  devisa bagi daerah." Kata Makalalag.





Diketahui, saat ini jumlah tenaga kerja atau pekerja migran asal sulut diluar negeri capai puluhan ribu pekerja, mereka itu tersebar di sejumlah negara seperti Jepang China dan hongkong, maupun negara-negara asia tenggara.





" pekerja kita sangat dibutuhkan diluar negeri, dengan pembayaran upah pekerja diluar negeri sangat memadai, selain itu upah tersebut dikirim  untuk keluarga mereka diSulut, yang dipetkirakan capai 15 hingga 20 juta perbulan," Ungkapnya.





Makalalag, juga mengungkapkan saat ini pekerja migran tersebut tidak lewat sulut tapi melalui daerah lain, kemudian disayangkan ada pihak terkait seperi sindikat yang memanfaatkan para pekerja migran tersebut.





" tantangan ini segera diantisipasi dan akan diselesaikan, menurutnya  jika ini diperhatikan pemerintah daerah, maka kami akan bentuk satgas guna mengungkap para sindikat" tuturnya kepada wartawan.





Sementara itu  berharap Gubernur OD, dapat memperhatikan upaya kami.




"Saat ini kami sudah menyurati ke pak Gubernur, berharap bisa bertemu, terkait dengan upaya pekerja migran disulut bisa ditingkatkan." Ucapnya.





Disamping itu menurut makalalag berharap ada kerja sama dan kebijakan dari pemprov Sulut, sehingga program-program kami ditopang dengan pendanaan yang memadai, 




upaya kami melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas bagi pekerja

" Ujar Hendra Makalalag.




Selain itu penting untuk disosialisasikan program dan tujuan BP2MI.




" Ini yang menjadi harapan dan tujuan BP2MI Sulut agar kaum pekerja segera terealisasi peluang bekerja diluar negeri."Bebernya.



Peliput(John V)







×
Berita Terbaru Update