Notification

×

Iklan

Iklan

SELISIH 12, 5 PERSEN, PERINDO OPTIMIS ELEKTORAL PASLON PAULA-HARLEY SULIT DIKEJAR

Kamis, 03 Desember 2020 | 16:12 WIB Last Updated 2020-12-03T08:22:01Z

PAULA RUNTUWENE                             HARLEY MENGAINDAAN

MANADO KOMENTAR-Hasil survei LS Indo Barometer terkait peta kekuatan elektoral empat Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado pada Pilwako yang akan digelar tanggal 9 desember mendatang, menempatkan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Prof. Paulina Amelia Julyeta Runtuwene dan DR. Harley Alfredo Benvica Mangindaan diposisi teratas, unggul dari tiga Paslon lainnya dengan perolehan 39, 5 persen.

Menurut Anggota DPRD Manado Revani Parasan. SH, rilis yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lembaga Survey Indo Barometer (LSIB) Muhammad Qodari melalui Manajer Riset Hadi Suprapto Rusli, survey tersebut dilakukan sejak tanggal 22 hingga 28 November 2020. 


“Artinya Elektoral Paslon Paulina-Harley Mangindaan (PAHAM) paling baik dari tiga paslon sampai saat ini. Lihat saja, paslon Paham memperoleh  angka paling atas dengan  39, 5 persen,”ujar Revani kepada komentar usai membaca berbagai pemberitaan di sejumlah media terkait survey yang dipaparkan oleh LSIB dihadapan wartawan.


Selain itu kata Revani, LS Indo Barometer juga merilis elektabilitas tiga paslon lainnya, dimana pada urutan kedua memperoleh 27, 3 persen, terpaut 12, 5 persen dari Paula-Harley, lalu ditempat ketiga 20,3 persen dan tempat keempat memperoleh 8, 0 persen.


Menurutnya, dengan selisih 12,5 persen sangat sulit untuk dikejar paslon lainnya, karena swing voters hanya tersisa 0,3 persen.


“Ini adalah angka yang sulit untuk dikejar paslon lainnya, karena terpaut cukup jauh,”ulas Revani, politisi handal partai perindo Manado yang ikut mengusung Paula-Harley ke-Pilwako Manado.


Dia kemudian memberikan gambaran terkait survey yang diperoleh Paula-Harley, bahwa visi-misi serta ketokohan paslon sangat menentukan tingkat kesukaan rakyat.


Ditempat terpisah, Sekretaris Fraksi Nasdem DPRD Kota Manado Robert L, Tambuwun. SH menjelaskan, bahwa Visi dan misi yang melekat pada kepentingan rakyat serta kecerdasan Paula-Harley saat tampil dalam debat public, mampu menggambarkan jiwa sosial, ketulusan serta keiklasan yang mempengaruhi tingkat kesukaan masyarakat. Bahkan lewat debat itu, masyarakat meyakini bahwa paslon Paham mampu membawah kota Manado lebih baik kedepan.

“Saya kira kecerdasan paslon Paula-Harley saat tampil dalam debat public, ikut menjadi penentu. Apalagi Visi dan misi sudah sangat jelas memihak kepada masyarakat. Artinya kedua calon pemimpin seperti inilah yang disukai masyarakat kota Manado,”urai Tambuwun yang juga personil Partai Perindo Manado ini.


Bahkan kata Tambuwun, survey LSIB sangat baik, karena jika dibandingkan dengan survey bulan oktober lalu, Paslon Paula-Harley mengalami kenaikan dari 37, 4 persen menjadi 39, 5 persen.

”Dua bulan lalu survey Paula-Harley sudah berada di angka 37, 4 persen. Artinya tingkat kesukaan masyarakat kota Manado terus mengalami peningkatan. Lalu apakah waktu pencoblosan yang tinggal menyisahkan 7 hari akan merubah presentasi elektabilitas Paham?. tidak akan turun drastis. Pasti tidak terkejar,”tegas legislator yang santer disapa Obe ini.


Kendati begitu Obe tak menampik, bahwa ketokohon GS Vicky Lumentut selaku Ketua Partai Nasdem Manado dan E.E Mangindaan selaku tokoh politik sulut, ikut memproduksi elektabilitas Paula-Harley, sehingga memperoleh dukungan tertinggi dari masyarakat kota Manado.


“Saya perlu sampaikan, bahwa kesungguhan para relawan  “Paham” yang bekerja secara tulus dan iklas dengan berbgai content yang beretika serta kerja partai Perindo dan Partai Nasdem, mempengaruhi lektabilitas Paslon,”ulas Obe.


Diketahui, Lembaga Survey Indo Barometer adalah salah satu lembaga survei kredibel di Indonesia. Terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dan juga sudah terdaftar sebagai lembaga resmi yang bisa merilis hasil survei di KPU Kota Manado dengan sertifikat terdaftar yang ditandatangani Ketua KPU Kota Manado Jusuf Wowor.

(jose)


×
Berita Terbaru Update