Notification

×

Iklan

Iklan

PRESIDEN RI JOKOWI RESMI UMUMKAN RESHUFFLE KABINET

Selasa, 22 Desember 2020 | 21:36 WIB Last Updated 2020-12-22T13:36:06Z

Foto CNBC


MANADO KOMENTAR-Bertempat di Istana Negara, Presiden RI Joko Widodo resmi mengumumkan reshuffle kabinet  Selasa (22/12/2020). Perombakan cabinet ini merupakan kocok ulang pertama pada periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Sejumlah menteri dicopot dan digeser posisinya, ada pula nama-nama yang dikeluarkan dari Kabinet Indonesia Maju. dan Sandiaga Salahudin Uno Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.




"Pada hari berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Pak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi di Istana melalui siaran virtual sebagaimana dilansir lewat CCN Indonesia.


Pada Juni 2020, Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan menteri dan petinggi negara di Kabinet Indonesia Maju bahwa dirinya tak gentar melakukan reshuffle. Kala itu, Jokowi bicara demikian lantaran tidak puas menyaksikan kinerja menteri yang dianggapnya bekerja biasa-biasa saja padahal di tengah pandemi virus corona.


"Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya," kata Jokowi pada Juni lalu.


Sebulan belakangan wacana perombakan kabinet mengemuka, apalagi setelah dua menteri Jokowi dicokok petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo serta Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara selama dua pekan berturut tertangkap tangan atas dugaan kasus rasuah.


Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Jilid 2 hasil kocok ulang atau reshuffle:


Tri Risma sebagai Menteri Sosial; Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan; Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama; Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan; Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.


Sebelumnya sejumlah pengamat politik menilai pilihan reshuffle kabinet pada pengujung tahun adalah langkah tepat. Menurut analis politik dari Exposit Strategic Arif Susanto, momen ini jadi waktu ideal bagi Presiden Jokowi untuk membangkitkan kepercayaan publik yang menurun.


"Cukup ideal-lah dari segi waktu. Ada kemendesakan," kata Arif kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon.



Selain itu, Arief yang juga akademisi dari Universitas Paramadina mengungkapkan dengan merombak menteri, Jokowi bisa segera menyiapkan strategi baru menghadapi pandemi Covid-19.


Senada diutarakan pengamat politik dari Universitas Andalas, Asrinaldi. Kata dia, kocok ulang kabinet sudah tepat ditempuh salah satunya karena kinerja beberapa menteri yang tidak maksimal hingga dua menteri yang dijerat akibat kasus korupsi.


"Urgennya di situ. [Kementerian Kesehatan] Itu perlu disorot habis itu," tukas Asrinaldi kepada CNNIndonesia.com saat diwawancara sebelum pengumuman reshuffle.(Jose)


×
Berita Terbaru Update