Notification

×

Iklan

Iklan

GUNUNG MERAPI STATUS SIAGA. SRI SULTAN HB X MINTA PEMKAB SLEMAN SIAPKAN JALUR EVAKUASI

Jumat, 06 November 2020 | 09:51 WIB Last Updated 2020-11-06T01:51:17Z


YOGYA KOMENTAR-Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung Merapi untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal ini terkait peningkatan status dari waspada atau level II menjadi siaga atau level III. 

Sri Sultan menegaskan untuk pemerintah Kabupaten Sleman khususnya wilayah Selatan, Timur, maupun Barat dari Gunung Merapi untuk tetap memperhatikan terkait peningkatan status menjadi Siaga. 

"Jadi saya minta kepada khususnya warga Kabupaten Sleman khususnya sebelah Timur, Selatan, maupun Barat dari Gunung Merapi untuk memperhatikan bahwa Merapi ini sudah ditingkatkan statusnya dari waspada ke siaga," katanya, Kamis (5/11/2020). 

Sultan menambahkan, berdasarkan pengalaman dari letusan terakhir di tahun 2010 lalu, Sultan yakin warga sekitar sudah memiliki pengalaman banyak mengenai merapi. 

"Saya yakin bahwa mereka (warga-red) punya pengalaman banyak masalah Merapi," ungkap Sultan. 

Sehingga, Sultan berharap agar pemerintah Kabupaten Sleman mempersiapkan segala sesuatunya, terutama terkait kesiapan jalur evakuasi. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu terlalu panik karena sudah hafal pola penanganan kontigensi. 

"Saya kira pak Bupati Sleman sudah tahu apa yang harus dilakukan. Terutama terkait kesiapan jalur evakuasi. Ya, masyarakat juga tidak perlu panik karena sudah hafal, khususnya yang di sekitar merapi," ujarnya. 

Sultan juga mengimbau kepada masyarakat yang jauh dari kawasan Merapi untuk tidak ikut panik. Dalam waktu dekat, Sri Sultan segera mengeluarkan surat edaran mengenai kenaikan status siaga tersebut. 

"Saya mohon yang jauh dari merapi untuk tidak panik dengan kenaikan ini. Saya juga akan mengeluarkan surat edaran dengan kenaikan status," pungkasnya.

Wartawan   Donald Laukon
Biro Yogyakarta

×
Berita Terbaru Update