Notification

×

Iklan

Iklan

INI PESAN WALIKOTA MANADO GSVL TERKAIT PENYALURAN SEMBAKO COVID-19

Selasa, 28 April 2020 | 00:15 WIB Last Updated 2020-04-27T16:15:45Z
VICKY LUMENTUT
MANADO KOMENTAR-Ditengah-tengah pendemi covid-19 menurut Walikota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut, ada 7 hal yang perlu diperhatikan, karena virus covid-19 bisa menyerang siapa saja manusia didunia ini.

“Wargaku di Kota Manado yang saya cintai. Ini 7 pesan saya terkait bantuan pemerintah sembako yang sesang disalurkan kepada wargaku. Pertama, Pandemi Covid-19 adalah virus baru yang bisa menyerang siapa saja, dimana saja didunia ini termasuk wargaku di Kota Manado, mulai dari orang berpangkat tinggi (Pejabat), orang berduit (Pengusaha), sampai dengan rakyat kecil dan berpenghasilan rendah,”kata walikota Manado GSVL.

Yang kedua kata GSVL, sampai saat ini belum ada obat atau Vaksin yang dapat menyembuhkan dan menangkal virus covid 2019 dan juga belum ada yang tahu kapan virus ini akan berakhir.

Ketiga, saya meminta bahkan saya sangat berharap adanya perhatian kita bersama. "jangan memandang remeh, karena merasa kita sehat-sehat dan kuat kuat. Mari kita bersama-sama melawan virus covid-19 ini, untuk segera memutuskan mata rantai penyebarannya supaya tidak banyak yang terjangkit dengan cara, tinggal di rumah saja, kecuali ada hal penting dan mendesak, untuk kita keluar rumah,”pinta GSVL yang dikenal sebagai Walikota terbaik se-Indonesia ini.

Lalu kata GSVL, Hindari perkumpulan banyak orang, kalaupun ada perkumpulan tidak lebih dari 5 orang, sekaligus menjaga jarak antar satu dengan yang lain. “Atur jarak berdiri atau duduk dengan jarak 1 sampai dengan 2 Meter. Pakai selalu masker, waktu kita keluar dari rumah ataupun waktu kita berbicara dengan orang lain, dan mencuci tangan, pakai sabun di air yang mengalir,”imbau GSVL.

Mantan Ketua APEKSI ini lalu meminta, agar warga kota Manado untuk sementara beribadah di rumah masing-masing untuk sementara waktu. Belum boleh beribadah berjamaah disemua rumah ibadah.Beribadah dan  (Doa/Sembahyang) bersama keluarga di rumah, dan makan yang cukup dan sehat, serta olahraga secukupnya supaya tubuh sehat dan kuat.

Yang keempat kata Walikota, dirinya atas nama Pemerintah Kota Manado, memberikan bantuan untuk keluarga yang terdampak ekonominya karena kehilangan pekerjaan dimasa sulit ini, tercatat 66.845 di 11 Kecamatan yang akan dan sementara mendapat penyaluran bantuan bahan pokok.

Yang kelima. Saya harus tegaskan, kepada Kepala Lingkungan.
“Kerja jujur dan tulus untuk salurkan bantuan bahan pokok dari rumah ke rumah warga yang namanya sudah tercatat sebagai penerima paket bahan pokok. Jika masih ada warga Kota Manado yang belum tercatat namanya, agar dicatat oleh Kepala Lingkungan dan dilaporkan kepada Lurah. Lurah lanjutkan data tersebut kepada Camat. Dan dari Camat kepada Kadis Sosial Kota Manado, guna diteliti lagi dan ketikan warga itu layak untuk menerima bantuan harus didata sebagai penerima bantuan,”tegas GSVL.

Sekanjutanya keenam, Walikota harapkan adanya kerja sama keluarga yang menerima bantuan, agar supaya, sebelum menandatangani daftar tanda terima paket bahan pokok, terlebih dahulu memeriksa paket bantaun tersebut dihadapan Kepala Lingkungan atau Petugas yang menyalurkan.

“Apabila ditemukan masalah, misalnya ada bahan pokok yang jumlahnya kurang atau tidak sesuai dengan janji saya sebaga Walikota, ataupun barang yang sudah kadaluarsa waktunya, maka saat itu juga dihadapan Kepala Lingkungan ataupun petugas, langsung diberitahukan tentang masalah tersebut, supaya masalah segera dicatat dan dilaporkan oleh Kepala Lingkungan, kepada Lurah dan dilanjutkan kepada Kadis Sosial Kota Manado, untuk diganti, jika ada bahan pokok yang sudah kadaluarsa,”tegas Walikota.

Walikota berharap, agar semua masalah yang timbul dalam proses penyaluran sembako agar dilaporkan sebelum petugas yang membawah bantuan belum keluar dari rumah warga.”Jadi jangan melapor setelah petugas sudah keluar dari rumah warga. Apa lagi melapor keesokan harinya. Itu tentu akan menimbulkan masalah. Saya perlu ingatkan kepada seluruh wargaku di Kota Manado yang tercinta. Dimasa sulit ini, semangat untuk memberikan membantu sangat tulus. Tolong jangan terjadi masalah dalam penyaluran bantuan ini,”tukasnya.

Walikota GSVL kemudian menjelaskan, bahwa proses penyeluran bantuan dari pemerintah kota Manado diawasi oleh Tim Kecamatan (Camat, Kapolsek dan Danramil), Tim Kelurahan ( Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas).

“Saya mohon kerjasama kita semua, baik rakyat dan petugas kami, agar penyaluran bantuan bahan pokok Pemerintah Kota Manado dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Terima kasih, Salam sehat. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Dari saya. DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Walikota Manado.(jose)

×
Berita Terbaru Update