Notification

×

Iklan

Iklan

IRWASDA POLDA SULUT BERKUNJUNG KE BOLMONG

Kamis, 23 Januari 2020 | 22:04 WIB Last Updated 2020-01-23T22:28:35Z
BOLMONG KOMENTAR,.Hari ini (Kamis, 23/1-2020) Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menerima Kunjungan Kerja dari Polda Sulawesi Utara terkait Peninjauan Lahan Mapolres Bolaang Mongondow.

Rombongan yang tergabung sebagai Tim studi kelayakan dari Polda Sulawesi Utara  dipimpin oleh Irwasda Kombes Pol Drs.Ahmad Alwi, M.M didampingi Karorena Kombespol Andik Setiyono,S.IK SH MH, dan Karolog Kombespol Drs Ahmad Husni mengunjungi lahan persiapan pembangunan Mapolres di Desa Dulangon Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong.

Kunjungan tersebut disambut Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk serta sejumlah pejabat  Bolmong.

Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi Bolaang Mongondow karena Tim Studi Kelayakan Pembangunan Mapolres Bolmong berkenan berkunjung ke daerah ini.

“Pemkab Bolmong telah menyediakan lahan seluas _+ 5 Ha yang diambil dari Lahan Ex- HGU dari PT. Gadasera berdasarkan Keputusan Bupati No.34 Tahun 2018 tentang penetapan lokasi Lahan Mapolres Bolmong di Desa Dulangon Kecamatan Lolak ,” kata Yanny.

Memang lahan yang ada dari _+ 60 Ha ini telah dibagi-bagi untuk Persiapan Pembangunan kantor pengadilan Negeri, Kejaksaan dan Korem,"  lanjut Yanny.

"Menanggapi permohonan terkait pembangunan asrama Polisi, nanti akan dikoordinasikan dengan ibu Bupati terkait penambahan lahannya," tambah Wabup Yanny.

Yanny juga berharap dengan tersedianya lahan, diharapkan pembangunan Mapolres Bolmong secepatnya bisa dilakukan. Sebab salah satu kesiapan infrastruktur dalam syarat pemekaran provinsi Bolaang Mongondow Raya, yakni sarana infrastruktur.

Terpisah Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Drs.Ahmad Alwi, M.M mengaku, Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto telah membentuk tim studi kelayakan dalam rangka untuk untuk melihat lokasi untuk tempat pembangunan Mapolres yang ada dibeberapa daerah salah satunya di Kabupaten Bolmong .

Sebab, sebelum diusulkan anggaran ke Mabes Polri, masih akan melihat kesiapannya. Seperti lahan, sertifikatnya,  foto lokasi serta data pendukung lainnya untuk dilampirkan dan dikirim ke Mabes Polri.

“Kalau sudah meyakinkan  Mabes Polri terkait data yang dikrim, paling lambat tahun 2021 sudah dibangun,” jelas Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Drs.Ahmad Alwi, M.M.


  • Selain pembangunan Mapolres, juga bersamaan untuk pengadaan logistik dan pemenuhan personil. Untuk logistik, mulai mobilnya, senjata api, serta prasana lainnya juga ikut diusulkan. Selain itu jumlah personil juga ikut ditambah sesuai dengan kebutuhan.


Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menyambut baik terkait pembangunan Polres Bolmong. Hal itu berdasarkan surat yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI bernomor B/849/M.KT.01/2019 tentang peningkatan tipe dan pembentukan Polres yang ditujukan kepada Kapolri.

Menurutnya Pemkab Bolmong telah menyiapkan lahan lima hektare untuk pembangunan Polres. Pemkab Bolmong sendiri lanjut Bupati, jauh hari sebelumnya telah menyediakan lahan.

Ditetapkannya lokasi yang ada di Desa Dulangon Kecamatan Lolak, karena lahannya tersedia di tempat tersebut. Nantinya lokasi pembangunannya itu berdekatan juga dengan pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri dan Markas Komando (Mako) Korem 131 Santiago, tambah Bupati.(Valentino).

×
Berita Terbaru Update