Notification

×

Iklan

Iklan

BUMDES KEROYOK POTENSI WISATA DI KECAMATAN TOMBATU

Rabu, 16 Oktober 2019 | 19:42 WIB Last Updated 2019-10-16T11:42:40Z

Danau Bulilin Kecamatan Tombatu

MITRA KOMENTAR.  Badan Usaha Desa (BUMDES) se kecamatan Tombatu akan menggarap potensi destinasi pariwisata dimasing-masing desa yang selama ini belum mendapat perhatian.

Program pengembangan destinasi pariwisata di wilayah kecamatan Tombatu menurut Aneke Sumendap, selaku Camat Tombatu, diselaraskan dengan program pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap bersama Wakil Bupati Jesaya Legi, dengan fokus Pariwisata.

Untuk memaksimalkan pengelolan dan pengembangan pariwisata di masing-masing Desa, maka faktor SDM sebagai pengurus BUMDES yang bertanggung jawab pada pengelolaan potensi wista perlu ditingkatkan kemampuan dan wawasannya.

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMDES dinilai sangat mendesak dan penting, sehingga dilakukan pembekalan selama 3 hari (14 s/d 16-2019) kepada Pengelolah & Pengawas BUMDES dan Kepala Desa se Kecamatan Tombatu,  diikuti 65 peserta dari 11 Desa dan dilaksanakan di Hotel Ibis Manado.

Ditambahkan Aneke Sumendap, di wilayah Kecamatan Tombatu terdapat sejumlah destinasi wisata seperti: Danau Bulilin, Batu Lesung, Air Terjun Matuah-tuah, Keleroong, Puncak Pilar dan Miniatur Soputan.

Selam 3 hari, peserta mendapat pembeklan terkait pengelolaan BUMDES dan mendorong motivasi serta inovasi dari Pengurus. Sebagai nara sumber dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara yang dipimpin langsung Jesaya Legi, selaku Wakil Bupati dan tenaga Ahli B3SD.(jansen)


×
Berita Terbaru Update