Notification

×

Iklan

Iklan

WALIKOTA MANADO GSVL, IRUP PERINGATAN HUT SAT-POL-PP KE-69

Senin, 25 Maret 2019 | 19:00 WIB Last Updated 2019-03-26T01:27:08Z

MANADO KOMENTAR-Upacara peringatan HUT ke-100, serta HUT ke-69 Sat Pol-PP dan HUT ke-57 Sat-Linmas, dipusatkan di Kota Manado, tepatnya di Lapangan Sparta Tikala, Senin (25/03/2019), dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah. Walikota Manado DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, yang dibacakan oleh Walikota, pada upacara tersebut. Menegaskan peringatan hari ulang tahun sebagaimana yang kita lakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian apatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dimana peran penting Pemadan Kebakaran, SatPol PP, dan Sat Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya.
- Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencehagan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

- Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.
- Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam menyelengaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara.
Ditambahkan, Walikota sebagaimana kita ketahui bersama, Negara Indonesia akan memasuki agenda Nasional yang sangat penting, menjadi puncak indikator kualitas penyelenggaraan Demokrasi Indonesia, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif secara serentak. Seluruh Aparatur Pemerintah dan komponen bangsa lainnya mempunyai kewajiban untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif.

“Mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah Demokrasi, Luber dan Jurdil serta bermartabat. Menjadi barisan terdepan dalam melawan racun demokrasi, yaitu politik uang, politisasi sara, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoaks, “ terang Walikota Manado ini, dalam membawakan Sambutan Menteri Dalam Negeri RI. Sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa yang berkiblat kepada kepentingan masyarakat, serta bangsa dan Negara Indonesia.

Seraya mengucapkan selamat HUT Pemadam Kebakaran ke 100, Satpol-PP ke 69, Sat Linmas ke 57 Tahun, terus tingkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan guna mewujudkan perlindungan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan Negara ini.
Disela Upacara tersebut, juga dilakukan MoU antara Pemkot Manado bersama Angkasa Pura I, juga Pemkot Manado bersama Rumah Sakit (RS) yang diwakili oleh RS Prof Kandou dan RS Siloam terkait pelayanan 112 Call Center. Diakhiri dengan pertunjukan atraksi Mercin Band dan atraksi bela diri dari SatPol-PP Kota Manado.
Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Walikota Manado, Mor D Bastiaan, SE, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat, SH, MH, Kakan Satpol PP Provinsi Evans Liow, Kakan Satpol Kota Manado Xaverius Audy Runtuwene, Sip, Pejabat Eselon II dan III Pemkot Manado, Para Kakan Satpol kabupaten/Kota Se-Sulut, Forkopinda Manado serta Undangan, dan selaku Komandan Upacara Frengky Mamirahi. Sip. Kabid Penegakan Perundang-Undangan Daerah di SatPol-PP Kota Manado.(jose)

×
Berita Terbaru Update