Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Gaji THL Belum Dibayar, Pemkot Bitung Malah Buka Rekrutmen THL

Selasa, 05 Januari 2021 | 18:57 WIB Last Updated 2021-01-05T11:03:56Z

BITUNG KOMENTAR_Pemerintah Kota Bitung, tak bisa memberikan alasan dan penjelasan terkait ‘krisis’ keuangan yang melanda saat ini.


Melalui Albert Sarese selaku kepala Bagian Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bitung, saat diminta keterangan terkait:


Kapan pembayaran honor untuk ribuan tenaga harian lepas, buruh sampah hingga tunjangan tambahan penghasilan (TTP) untuk pegawai.


Apa alasan atau penyebab belum terbayarkan dan apakah pembayaran berlangsung bersamaan antara honor THL, buruh sampah, kepala lingkungan, ketua RT hingga TTP.


Hingga berita ini dirangkum, Albert Sarese belum memberikan keterangan.


Hingga saat ini honor untuk Pala, ketua RT, THL hingga TTP pegawai tak ada kejelasan.


Sebelum tahun berganti ada angin segar dari pemkot, yang berjanji bakal menyelasaikan masalah ini di awal tahun 2021. Namun itu hanya isapan jempol semata. 


Di tengah persoalan belum dibayarkan hak-hak kepada THL, pala, RT hingga TTP pegawai pemkot Bitung malah membuka rekrutmen tenaga harian lepas (THL).


Surat berkop Sekretariat Daerah Kota Bitung yang berisi pemberitahuan perihal itu beredar ke publik. 


Surat tersebut dengan gamblang memerintahkan seluruh perangkat daerah untuk mulai merekrut THL.


Surat dimaksud ditandatangani oleh Sekretaris Kota Audy Pangemanan dengan tembusan Walikota dan Wakil Walikota. Surat itu bertanggal 29 Desember 2020 dengan nomor 800/779/SEK.


Sebagaimana tercantum dalam isi surat tersebut, pertimbangan untuk membuka rekrutmen THL adalah berakhirnya masa kontrak untuk tahun 2020. 


Seluruh perangkat daerah diminta segera melakukan penerimaan supaya kebutuhan akan THL tetap terpenuhi.


Menariknya, dalam surat itu ada penegasan bahwa THL yang akan direkrut bukan berstatus THL baru. 


Mereka yang akan diangkat harus yang sudah bekerja di Pemkot Bitung minimal sejak tahun 2020. Artinya, Pemkot Bitung tak memberi kesempatan bagi orang baru untuk melamar.


“Rekrutmen (THL) sudah di mulai sekarang, tergantung usulan dari kepala perangkat daerah (KPD) mengusulkan untuk jumlahnya,” tutur Meiva Woran Kabag Hukum Setda Kota Bitung, Senin (4/12/2020).


Dalam rekrutmen ini Meiva dibebani tugas untuk mengurus proses dan jalannya rekrutmen.


Dia jelaskan, dalam rekrutmen kali ini jumlahnya jauh lebih sedikit dari jumlah yang ada saat ini yaitu 2207 THL. KArena keterbatasan dengan anggaran.


“Pastinya dan rincinya kami belum tau. Hanya saja kami contohkan misalnya yang lalu perangkat daerah rekrut 8 orang, saat ini hanya 2 yang akan di rekrut,” jelasnya.


Disentil terkait apakah bisa atau tidak pelaksanaan rekrutmen THL yang baru di tahun 2021,dimana disaat bersamaan belum ada pembayaran honor kepada para THL dan lainnya. Meiva bilang itu tidak masalah.


“Kan ada kegiatan Desember nanti bayar Januari. Hanya tertunda bukan tidak bayar,” tambahnya.


Adapun penelusuran jumlah THL di Bitung 2.207 tersebar di 77 perangkat daerah.


Termasuk 12 SMP, 9 Puskesmas, 8 Kecamatan, sanggar kegiatan belajar, rumah jabatan walikota, wakil walikota, sekretaris daerah.


Ruang kerja wakil walikota, sekretaris daerah kota/bendahara sekretariat, staf tata usaha pimpinan, teknia dan petugas kebersihan, satpol pp hingga 39 Dinas, Badan, Bagian dan Inspektorat.

×
Berita Terbaru Update