Notification

×

Iklan

Iklan

APBD DIY SENTUH ANGKA RP6, 09 TRILIUN

Kamis, 19 November 2020 | 10:54 WIB Last Updated 2020-11-19T02:54:13Z

HUDA TRI YUDIANA


YOGYAKARTA KOMENTAR – DPRD DIY bersama Pemprov DIY menetapkan APBD 2021 sebesar Rp 6,09 triliun. Rencana pendapatan daerah sendiri sebesar Rp 5,72 triliun dengan defisit Rp 363,802 miliar. 


Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana berharap APBD DIY 2021 tahun depan kembali berjalan, sebab kegiatan-kegiatan fisik selama tahun 2020 didrop dengan jumlah sangat besar.


"Tahun 2021 muncul kembali karena BTT sudah disiapkan sejak awal. Belajar dari pengalaman kita menghadapi pandemi Covid-19 ini sudah lebih kokoh,” ungkapnya, Rabu (18/11).


Huda memastikan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) yang sudah disiapkan mencukupi. Jika tidak, bisa digeser dengan terencana dibanding tahun anggaran 2020 yang sangat tergesa-gesa.


Meski terjadi defisit Rp 363,802 miliar, DPRD DIY optimistis APBD DIY dapat memenuhi kebutuhan rakyat DIY, mengingat defisit itu masih dalam koridor peraturan.


"Ketika tidak ada kejadian yang luar biasa sekali di DIJ ini, menurut kami tidak perlu refokusing dan APBD bisa berjalan lancar. Refokusing baru kita lakukan kalau terjadi kejadian luar biasa yang sangat tidak kita harapkan,” kata dia.


Guna memulihkan ekonomi DIY yang terdampak pandemi Covid-19, Huda menyatakan tetap mengacu pada sektor m UMKM berbasis pariwisata dan kampus.


“Kami dorong UMKM dan wisata dibuka pelan-pelan dengan protokol kesehatan yang baik. Harapan kami kampus-kampus segera buka kembali dengan prtokol kesehatan yang sangat ketat. Mudah-mudahan ekonomi DIY menggeliat lagi,” harapnya.


DPRD juga melakukan penyesuaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan menetapkan anggaran dana tak terduga untuk persiapan penanganan Covid dan bencana termasuk erupsi Merapi.


“Kami siapkan sekitar 16 persen dari belanja untuk penanganan Covid dan Merapi, kalau jumlahnya lebih dari Rp 60 miliar sekitar Rp 66 miliar. Semoga Merapi aman-aman saja namun kalau memang erupsi dan membutuhkan penanganan, maka sudah siap secara anggaran,” ungkap Huda.


Wakil Ketua DPRD DIY Suharwanta menambahkan, di tahun anggaran 2021, pihaknya menyarankan ada pos Anggaran Kesehatan, Pemulihan Ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial.


“Kita belum lepas dari pandemi dan kami masih dukung dari pendanaan. Untuk Covid dan Merapi kita antisipasi, dengan kecukupan anggaran yang ada,” katanya. (Dola)


Penulis      Donald Laukon

Biro    Yogyakarta

×
Berita Terbaru Update