Notification

×

Iklan

Iklan

PILWAKO MANADO ANTARA SURVEY TERTINGGI, MANTAN PALA DAN RAJA PARLEMEN

Minggu, 19 Juli 2020 | 13:49 WIB Last Updated 2020-07-19T06:09:45Z
MANADO KOMENTAR-Pemilihan presiden dan pemilu legislative yang digelar beberapa waktu lalu belum lepas dari ingatan masyarakat kota Manado, dan para elit politik yang sebelumnya berseteru kini telah bersekutu kembali lewat gaya kepemimpinan sang fenomenal Presiden terpilih Ir. Joko Widodo, sebagai sosok pemersatu.

Sementara di 9 Propinsi sedang terjadi sebuah fase persiapan helatan Pilkada serentak pada Desember 2020 mendatang, yang nantinya akan memilih 9 Gubernur, 37 Walikota dan 224 Bupati.

Khususnya di kota Manado, muncul fase politik yang menarik, dimana Wakil Walikota bernama lengkap Mor Dominus Bastian yang sebelumnya mendampingi DR. Ir. GS. Vicky Lumentut. SH. M.Si, kembali menyatakan diri untuk ikut dalam Pilwako lewat partai Demokrat, tetapi naik satu level ke-tingkat Walikota.

Lalu istri Walikota bernama Prof. Julyeta Paulina Amelia Runtuwene juga ikut menjadi salahsatu peserta Pilwako Manado lewat Partai Nasdem.
Sementara itu, PDI-Perjuangan yang memiliki kursi penuh di parlemen dengan torehan 10 kursi menggadang kadernya yang juga Ketua DPRD Sulut Andre Angow sebagai bakal calon (Bacalon)Walikota Manado.

Jika Paulina Runtuwene disebut sebagai (Bacalon) kuat lantaran istri dari Walikota yang sedang memimpin atau yang biasa disebut Petahana, maka Mor Bastian pun tidak kalah saktinya.

Sebagai Bacalon Petahana, Mor Bastian juga dikabarkan telah menggandeng mantan Pala atau kepala lingkungan untuk direkrut sebagai tim suksesnya, karena mantan Pala dianggap salahsatu pilihan tepat untuk bersaing mengambil hati rakyat kota Manado, mengalahkan Bacalon yang dianggap kuat yakni Paula Runtuwene.

Sementara PDI-P tetap memiliki keyakinan akan menjadi jawara di Manado sekaligus memecah mitos belum pernah menang dalam helatan Pilwako, lantaran mengkoleksi 10 kursi di DPRD sekaligus pemenang dalam helatan Legislatif sebelumnya.

Kompetisi Pilwako Manado memang tergolong menarik, karena para elit politik dari masing-masing partai peserta Pilkada baik partai pengusung dan partai pendukung, harus kembali merancang strategi, atau janji untuk mengetuk hati masyarakat, sebagai upaya mencari dukungan dan simpati.

Lalu apakah PDI-P yang disebut sebagai raja parlemen mampu mewujudkan impiannya meraih kemenangan pertama di Pilwako Manado?.

Kemudian apakah dengan menggandeng para mantan Pala Mor Bastian bisa duduk disinggasana sebagai Walikota Manado?. Ataukah Paula Runtuwene yang disebut-sebut sebagai pemiliki survey tertinggi yang nantinya memimpin kota Manado lima tahun kedepan?.

Nah…siapa yang bakal terpilih sebagai Walikota Manado tentu akan terjawab pada tanggal 09 Desember 2020 mendatang, karena sebelum itu, ada berbagai kejutan yang bakal muncul dari semua peserta Pilwako.

Apakah itu membuat elektabilitas Bakal Calon (Bacalon) meningkat, atau bisa saja elektabilitas Bacalon menurun drastis, lantaran politik adalah sesuatu yang abstrak.

Yang pasti, semuanya mengajarkan kita untuk menerima perbedaan, kesabaran dan kebesaran jiwa untuk mampu berdiri tegak menerima kekalahan serta mampu merendahkan diri menyambut sebuah kemenangan.(komentar.co.id)

Penulis:
JOPPY SENDUK
Pemred


×
Berita Terbaru Update