Notification

×

Iklan

Iklan

KABID PENGEMBANGAN DINAS PARIWISATA BOLMONG BERBAGI KASIH DENGAN KORBAN BANJIR BANDANG PANGI TIMUR

Minggu, 08 Maret 2020 | 08:51 WIB Last Updated 2020-03-08T01:35:21Z
BOLMONG KOMENTAR,.Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Desa Pangi Timur, desa Domisil dan desa Pangi Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, pada Rabu (4/3/2020) dini hari sangat memprihatinkan dan perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak untuk meringankan beban yang dialami masyarakat baik material maupun psikologi dari masyarakat yang trauma.   

Terpantau wartawan media ini di lokasi  terdampak di desa Pangi Timur,  tampak Kabid Pemasaran dan Pengembangan Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmong, Alfina Sumenda,SIP,MM didampingi Pemandu Wisata, Reymurd Daud dan Hisra Makalalag ikut membaur membantu masyarakat dan memberikan bantuan berupa beras, Pakaian bekas, Pakaian dalam(pria & wanita), sepatu wanita, Air mineral dan makanan ringan untuk anak-anak.

Pada saat memberikan bantuan telah diterima langsung oleh Sangadi Desa Pangi Timur, Ristison Tempoh didampingi ketua Tim Penggerak PKK desa  bersama Sekdes Passi Timur, Nini Mokoagow dan perangkat desa serta sebagian masyarakat terdampak di Posko bantuan yang bertempat di Balai Desa Pangi Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Alfina menyampaikan, " Saya pribadi dan mewakili Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bolmong merasa prihatin atas kejadian yang di alami oleh masyarakat disini. Tidak dapat digambarkan betapa sedihnya melihat warga yang rumahnya hanyut dan tidak berbekas. Bantuan yang diberikan ini jangan dilihat dari bentuknya tapi keikhlasan kami dalam memberi." Ungkap Fina.

Ditambahkannyalah pula," bantuan dari Dinas Pariwisata sebelumnya sudah di serahkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bolmong, Ibu Dra.Hj. Ulfa Paputungan, MM di posko tanggap bencana." Ujar Fina.

Selanjutnya Alfina pun membaur bersama warga mendengarkan keluh kesah mereka, bernyanyi  bersama anak-anak sambil membagikan makanan ringan untuk anak-anak dan membantu membersihkan halaman gedung gereja GMIBM Bethesda Pangi Timur.
Diantara anak- anak yang terkumpul,  salah satu anak mendekati ibu Fina dan mengatakan, " Bunda, kita kwa minta baju PAUD dan sepatu. Kita p baju dan sepatu so anyor, banjir so bawa( Bunda, saya minta bantuan seragam PAUD karena seragam dan sepatu saya telah hanyut dibawa arus banjir).

Dengan penuh keharuan, Kabid yang di kenal ramah dan murah senyum ini, langsung memeluk anak tersebut dan menciumnya serta berjanji akan membawakan baju PAUD.

" Anak- anak sangat membutuhkan perhatian dan bantuan baik perlengkapan sekolah tetapi juga dukungan moral dalam memulihkan trauma mereka. Dengan kita bernyanyi dan bermain bersama perlahan-lahan akan membangkitkan semangat mereka untuk tetap senyum. Permohonan anak- anak akan diteruskan kepada pemerintah sekaligus menyampaikan bahwa minggu depan akan bersama-sama dengan Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk, S.Th, MM kembali mengunjungi tempat ini, " Ujar Sekretaris Pribadi Wakil Bupati Bolmong ini pada saat bermain dengan anak-anak.

Salah satu warga terdampak, Bertji Polakian(51 Thn) mengucapkan banyak terimakasih kepada ibu Fina atas bantuannya yang sudah peduli dan mengunjungi langsung tempat kami.

"  Makase  Fina so datang lia p torang(sambil memeluk dan menangis)  Jujur kami trauma dan takut sekali apalagi ketika hujan mulai turun  mengingat kejadian dini hari. jika saya tidak lari dari rumah bersama anak saya yang rumahnya juga hanyut, Yohan Paparang maka kami pasti sudah meninggal, " kisah Eci yang rumahnya hanyut tak berbekas serta bermodalkan pakaian di badan yang sudah basah kuyub waktu kejadian.

Selanjutnya, ibu Kabid  ini pun didampingi anggota DPRD Bolmong dapil II, Wolter Engelbert Barakati melakukan peninjauan lapangan sampai ke Hulu sungai. Mereka menyampaikan bahwa yang harus diperhatikan adalah sumber potensi banjir. Di belakang desa ini terdapat tumpukan batu-batuan dan pohon-pohon tumbang yang sangat banyak, dikuatirkan jika curah hujan akan bertambah maka ini akan berdampak sangat parah lagi di desa-desa sekitarnya.

" melihat kondisi ini, peran pemerintah yang terkait sebaiknya dapat mengatasi tumpukan material batu-batuan dan pohon- pohon ini serta membuat tanggul penangkal banjir" ujar Kabid dan diiyakan oleh Wolter Barakati.

Sangadi desa Pangi Timur mengucapkan, " terima kasih kepada ibu Fina untuk bantuan material sekaligus telah membantu memberikan semangat dan berbagi kasih bersama masyarakat serta telah mendengar keluhan masyarakat dimana saat ini mereka sangat membutuhkan air bersih untuk masak dan mandi, beras, air minum, pakaian dalam, perlengkapan sekolah dan obat- obatan."(Val).
×
Berita Terbaru Update