Notification

×

Iklan

Iklan

UPACARA ADAT TULUDE DI DESA LALOW BERLANGSUNG MERIAH

Senin, 03 Februari 2020 | 09:36 WIB Last Updated 2020-02-03T01:36:08Z
BOLMONG KOMENTAR,.Warga Nusa Utara yang berdomisili di Desa Lalow Kecamatan Lolak menggelar pesta adat Tulude bersama pemerintah desa dan masyarakat.Perayaan ini adalah untuk menyambut tahun baru bagi warga Sangihe, Sitaro dan Talaud, yang tak hanya digelar di tanah Nusa Utara.

Perayaan tulude ini dimaknai sebagai bentuk ungkapan syukur kepada pencipta atas berkat dan rahmat yang telah dilimpahkan selama tahun 2019 lalu.

Digelar di tepi pantai Desa Lalow, Sabtu (01/1/2020) diawali dengan penjemputan rombongan sangadi menuju lokasi pelaksanaan Pesta Tulude, dilanjutkan dengan Tasyukuran dari umat muslim Lalow dan Ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Henny Pangkey- Kawuwung, M.Th.

Salah satu tokoh adat Nusa Utara, Niklas Makikehang menjelaskan, tulude berasal dari kata “Suhude” dalam bahasa daerah yang berarti menolak. Hal ini memiliki arti dan makna yang dalam, sebab menolak berarti melepaskan semua hal-hal yang tidak baik yang terjadi di Tahun yang lama, sambil berdoa kepada Tuhan “Gengghonalangi” supaya di Tahun yang baru nanti diberikan anugerah dalam menjalani hidup dengan harapan baru dan pemikiran yang baru serta hati yang bersih.

Sangadi Lalow,  Stenri Kastilong dalam sambutannya mengatakan, pesta adat tulude ini mempunyai makna dan nilai budaya yang dalam.

" Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat yang antusias dalam melaksanakan acara Tulude ini. Semua swadaya masyarakat mulai dari persiapan dan,makanan serta minuman. Ia berharap ditahun 2020 ini pemerintah dan masyarakat desa Lalow akan diberkati dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Stenri, sosok sangadi yg merakyat ini.

Selanjutnya Camat Lolak, Yunius Mokoginta dalam sambutannya menyampaikan  memberikan apresiasi kepada masyarakat Nusa Utara yang sangat aktif membantu dan mendukung seluruh program pemerintah desa. Dan tahun depan akan digelar secara serentak di tingkat kecamatan. Ia pun mengingatkan agar peringatan pesta adat tulude, tidak hanya sekadar menjadi acara seremonial belaka, namun harus menjadi kesempatan untuk berintrospeksi diri. 

" Menunjang program pemerintah provinsi Sulawesi Utara melalui Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey bahwa dalam menuju Eco industry maka akan dikembangkan daerah- daerah unggulan dibidang pariwisata.yang sesuai tema pembangunan Bolaang mongondow tahun 2020." Tambah Camat Lolak.

Turut hadir dalam acara ini  Camat Lolak , Yunius Mokoginta, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, Alfina Sumenda, SIP,,MM, Kabag Ops Polres Kota Kotamobagu, Kapolsek Lolak,Danramil juga tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh warga Nusa Utara.(val)
×
Berita Terbaru Update