Notification

×

Iklan

Iklan

MESIN PEMBAKAR SAMPAH INCENERATOR MILIK PEMKOT RESMI BEROPERASI

Jumat, 14 Februari 2020 | 16:03 WIB Last Updated 2020-02-14T13:13:18Z

MANADO KOMENTAR-Sebelum meresmikan pengoprasian Incinerator. Pemerintah Kota Manado dipimpin langsung oleh Walikota Manado DR, Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, etrlebih dulu melakukan uji coba. Setelah itu, menggelar rapat secara intens untuk persiapan pengoperasian alat pembakar sampah Incinerator.

Lewat beberapa kajian, akhirnya, hari ini, Jumat (14/02/2020), Walikota Manado, DR, Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, meresmikan penggunaan insenerator, yang berada di Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea.

Diketahui bahwa, untuk mendatangkan mesin pembakar sampah Incenerator yang rama lingkungan di Manado, adalah atas rekomendasi dari kementerian Lingkungan Hidup.
Sebagaimana dirilis Bagian Pemhum Kota Mando, bahwa Incenerator milik Pemkot Manado itu, menggunakan sistem pembakaran dual chamber, dimana chamber pertama untuk membakar langsung sampah, kemudian chamber kedua untuk membakar karbon yang memiliki ikutan polutan seperti dioxin, so2 CO serta NO., sehingga pada chamber kedua ini terurai menjadi CO2 dan air, adapun polutan yg lewat pada chamber kedua ini akan ditangkap oleh uap air pada cerobong yang dilengkapi dengan sprinkle air, dan emisinya dipantau melalui monitor AQMS yg ada di DLH.

Data hasil pemantauan yang dilakukan pada saat uji coba pembakaran masih berada di bawah ambang batas. Diketahui penyelesaian sampah lewat insenerator juga digunakan DKI Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia termasuk negara maju seperti, singapura, Jepang dan Korea Selatan.

" Hari ini, telah diresmikan penggunaan insenerator, diharapkan dapat beroperasi dan bermanfaat untuk menyelesaikan masalah sampah. Jadi kita selesaikan sampah lewat pembakaran di wilayah kecamatan yang sudah terpasang insenerator, sampah tidak lagi di bawah ke TPA Sumompo dalam kondisi tidak mampu menampung sampah di kota Manado, sehingga beban sampah di TPA Sumompo akan berkurang, sambil bersama kita menunggu pembangunan TPA Regional di Ilo-Ilo Minahasa Utara," ujar Walikota.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Lumentut - Runtuwene, MS, DEA, Wakil Walikota, Mor D. Bastiaan, SE, Sekda Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH, Para asisten Setda Kota Manado, Pejabat Eselon II dan III dilingkungan pemerintahan kota Manado.(jose)



×
Berita Terbaru Update