Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri Pegelaran Pesta Adat Tulude di Batuputih, Lomban Sampaikan Ini

Jumat, 07 Februari 2020 | 11:05 WIB Last Updated 2020-02-07T03:06:06Z

BITUNG KOMENTAR- Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat melimpah yang diberikan selama tahun 2019 lalu serta memohon berkat memasuki tahun 2020 ini, warga masyarakat Kelurahan Batu Putih Atas, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, menggelar pesta adat Tulude, Kamis (6/2/2020) kemarin.

Diawali dengan arak-arakan dua kue adat Tamo bersama Lurah dan Suami, para pemagku adat, mulai dari halaman Kantor Lurah, diiringi dengan musik tradisional Tagonggong, selanjutnya mengelilingi Kelurahan Batu Putih Atas, dan berakhir pada bangsal acara. Selanjutnya, prosesi pemotongan kue adat Tamo, dilanjutkan dengan ibadah syukur, dilayani pendeta Nuryana Harimisa-Sinipirang STh.

“Melalui pesta adat tulude ini, mari ciptakan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, mulai dari Pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan peliharalah terus kebersamaan, baku-baku bae dan baku-baku sayang, dengan harapan, Tuhan akan terus berkati saya dan saudara-saudara di tahun 2020 ini, serta memberkati usaha dan pekerjaan kita,”ungkapnya.


Sementara, Wali Kota Bitung, Max J Lomban, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

“Upacara Adat Tulude telah dilaksanakan turun temurun, karena itu sebagai generasi penerus bangsa, kita wajib melestarikannya. Mari kita naikan ungkapan syukur Karena Tuhan menjaga dan melindungi kita, sehingga tahun 2019 bisa kita lalui, mari menuju Tahun 2020 yang masih misteri, tapi dengan keyakinan, Tuhan selalu bersama kita,”ujarnya.

Lomban juga memaparkan program pemerintah yang membantu meringankan beban masyarkaat, diataranya memberikan beasiswa kurang mampu, BPJS Kesehatan melalui program Tali Kasih, bantuan pendidikan ke SMU Lokon, bantuan pangan non tunai bagi bagi keluarga yang tergolong kurang mampu, bantuan makanan bagi balita melalui Puskesmas, melakukan pertanian organik, Realisasi Dana kelurahan 254juta/kelurahan untuk bangunan fisik dan ditambah 514juta dari APBD untuk kegiatan non fisik, santuan duka sebesar 2,5juta/kejadian, serta bantuan untuk lansia dan ordang cacat.

Usai rangkaian kegiatan Tulude dan makan bersama warga, Lomban didampingi Sekot Audy Pangemanan, para asisten dan jajaran kepala perangkat daerah, menari empat wayer bersama warga Batu Putih Atas, dipimpin Lurah Batu Putih Atas Selmi Katiandagho, dipandu Camat Ranowulu, Dolfi Rumampuk. (***/Ivan)
×
Berita Terbaru Update