Notification

×

Iklan

Iklan

MAHASISWA FATEK UNIMA DIPERSIAPAKAN PEMBELAJARAN SITEM DARING

Jumat, 22 November 2019 | 12:13 WIB Last Updated 2019-11-22T04:49:12Z


TONDANO KOMENTAR.  Setelah sukses pelaksanaan Blended Learning dikalangan Dosen Fakultas Teknik Unima bebrapa waktu lalu. Dilanjutkan pengenalan Optimasi Pembelajaran Daring khusus mahasiswa Fatek Unima,(20/11-2019).

Vivi Peggie Rantung, ST. MISD. Ketua Panitia Seminar Optimasi Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Fatek UNIMA, menjelaskan ; Tujuannya adalah mengoptimalkan pembelajaran Daring di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado (UNIMA).  Sekaligus menambah wawansan kepada mahasiswa Fatek terkait pembelajaran sistem Daring di erah revolusi industri digital 4.0.

Dosen dan mahasiswa dapat bersinergi  menghadapi perubahan bersama untuk memajukan Fakultas Tekni dan UNIMA pada umumnya.

Dekan Fatek Prof Dr. Herry Sumual, M.Si.  dalam sambutannya dibacakan Pembantu Dekan I ( Bidang Akademik) Fatek Unima, Drs. Djafar Wonggo, MT.
Era industri 4.0 merupakan tantangan yang harus kita hadapi karena terjadi perubahan yang sangat cepat, sehingga era ini disebut "era inovasi disruptif".

Perubahan tidak hanya di industri saja tetapi disegala aspek kehidupan termasuk di bidang pendidikan. Ciri khas era pendidikan ini memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran menggunakan cyber sistem.

Sistem Daring ini, yaitu proses pembelajaran tidak lagi dibatasi oleh waktu maupun tempat, kapanpun dan dimanapun mahasiwa berada dapat mengikuti proses pembelajaran secara kontinue.

Fakultas Teknik diharapkan harus mampu hadapi tantangan ini. Para dosen telah melakukan workshop menggunakan sistem cyber ini yaitu pembelajaran sistem Daring.( dalam jaringan) yang dikenal dengan blande Learing. Yaitu pembelajaran bisa dilakukan secara langsun (tatap muka) atau online.

Tentunya, maksud ini diharapkan mahasiswa dipersiapkan dan optimalkan sistem pembelajaran Daring ini, lewat seminar optimasi pembelajaran Daring di Fatek Unima


Rangga Firdaus,ST.MT. Tiem SPADA Dikti, selaku nara sumber. Katakan. pembelajaran Daring perlu keterlibatan aktif mahasiswa dalam menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 jika tidak mau ketinggalan dengan mahasiswa lain. Daring dapat dilakukan dilingkungan kampus atau kegiatan Extra kurikuler diluar kampus.

Rangga diakhir materi menyampaikan ungkapan bijak  " An open heart is an open mind" ( perubahan adalah suatu keniscayaan , marilah menghadapinya dengan bijaksana dan suka cita)

Hadir dalam Seminar ini  600 mahasiswa Fatek Unima Tondano di ruang Aula Manguni Fatek Unima. Turut hadir jajaran Dosen Fatek diantaranya; DR. Dra. Christine T.M Manoppo, MPd. (Pembantu Dekan-3 Bidang Kemahasiswaan) sekaligus menyampaikan ucapan selamat datang  pada pembukaan seminar ini.

Gladly Roringpandey,ST. MISD (Kaprodi Teknik Infomatiaka), Dr. Hendro Sumual,ST. M.Eng (Pendidikan Teknik Mesin), Dr. Rolly Pontoh (Ketua Unit Penjaminan Mutu Fatek Unima), dan Arje Djamen,ST.MT. (Sekertaris Panitia) yang banyak membantu suksesnya pelaksanaan seminar ini. (jansen)
×
Berita Terbaru Update