UNTUK KELUAR DARI KEMISKINAN WARGA "SI" PERKUAT PENDIDIKAN & EKONOMI

UNTUK KELUAR DARI KEMISKINAN WARGA "SI" PERKUAT PENDIDIKAN & EKONOMI

Jumat, 04 Oktober 2019
DR. Hamdan Soeva, Ketum PP/LT SI


SULUT KOMENTAR.  Syarikat Islam (SI) Propinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Diskusi Panel Ekonomi Umat  dengan Thema; "Teknologi dan Inovasi Untuk Masa Depan Ekonomi Umat", menghadirkan DR. Hamdan Soelva, SH.MH sebagai keynot speker di Manado, (4/10-2019)

Dr. Hamdan Soelva, selaku Ketua Umum PP/LT SI, dalam pemaparannya menyoroti beberpa hal terkait keberadaan Ormas yang menurutnya sebagai bagian dari perjuangan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Bahkan keutuhan NKRI tetap terjaga hingga saat ini adalah bagian dari kerja Ormas yang diantaranya Syarikat Islam yang memiliki kesadaran perikatan persaudaraan menjaga keutuhan NKRI. Jika ada persoalan dipelosok negeri ini maka setiap Ormas saling koordinasi untuk mengingatkan rasa kebersamaan sebagai anak bangsa Indonesia.

Lanjutnya, Pembangunan sosial kemasyarakatan di Indonesia harus dibantu lewat ormas. Tetapi sangat disayangkan bantuan melalui Ormas dinila sangat kecil jika dibandikan jumlah APBN yang dialokasikan kepada Ormas.

Dari sisi ekonomi, Indonesia tergolong Income Perkapita Menengah, US$ 4.000 ketas. Mantan Hakim MK ini memiliki keyakinan Tahun 2030 nanti, Indonesia masuk salah satu Negara Terbesar Dunia dengan syarat suasana Damai dan Ketertiban tetap terjaga.

Namun ada persoalan dengan Gini Ratio 01 % , dengan kata lain menunjukkan ada 99% sumber-sumber ekonomi dikuasai elit.  Atau sebanding 4 orang kaya sama dengan jumlah kekayaan 100 juta penduduk Indonesia.


Masalah Gini Ratio inilah yang mendorong perjuangan merdeka dari pendahulu-pendahulu Negeri ini. Terjadi ketimpangan ekonomi dan keterbatasan akses kekuasaan.

Diketahui bahwa umat Islam jumlah penduduk terbesar di Indonesia sehingga jumlah terbesar kemiskinnya. Maka marginal ekonomi ini menjadi tantangan umat islam.

Solusi dari masalah kemiskinan menurut Hamdan ada Dua hal penting; Pendidikan dan Ekonomi.

Jika Pendidikan ditingkatkan, "sekolah Islam maju maka Islam maju". Orientasi umat Islam pada pendidikan anak menjadi tantangan saat ini.

Ekonomi Kerakyatan dan Kekeluargaan menjadi solusi dalam saling membantu dengan berasaskan kepercayaan management. Inilah kunci sukses para konglomerat sehingga menguasai semua lini perekonomian Indonesia. Jelas Soelva. (jansen)