PEMBENTUKAN AKD SUDAH SELESAI. KAWALO AJAK DPRD FOKUS KERJA UNTUK RAKYAT

PEMBENTUKAN AKD SUDAH SELESAI. KAWALO AJAK DPRD FOKUS KERJA UNTUK RAKYAT

Kamis, 10 Oktober 2019
HENGKY KAWALO
MANADO KOMENTAR-Menyusul adanya pernyataan personil Fraksi Nasdem lewat konfrensi pers beberapa waktu lalu, terkait insiden di pembentukan alat kelengkapan dewan, membuat Ketua Komisi II DPRD Manado, yang juga politisi PDI-Perjuangan Hengky Kawalo akhirnya angkat bicara.



Menurutnya, dalam politik semua politisi harus bisa menerima realita politik dalam lembaga, karena persoalan pemilihan alat kelengkapan dewan (AKD) sudah selesai lewat mekanisme tata tertib Dewan.

“Artinya jika tidak terpilih saya kira harus bisa lebih belajar menghargai, karena tahapannya sudah selesai kerja kerja dan kerja ini semua outputnya untuk masyarakat ini. Mohon ini jangan digeser ke persoalan lain,”ujar Kawalo.
Menyinggung soal gaji DPRD, Kawalo menjelaskan ada PP 18 2017 yang mengatur soal gaji dan soal pendapatan DPRD apalagi yang namanya perwal Walikota berbeda dengan Perda ada produk DPRD juga ada yang namanya Perda inisiatif DPRD dan eksekutif.

 Ditambahkan Kawalo, tidak ada DPRD minta gaji 60 juta.” Gaji anggota DPRD provinsi saja cuman 49 juta kurang lebih. Anggota DPRD Kota Manado sekarang jadi 33 juta tidak ada ruang harga.  Itu karena diproses hukum yang sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan. Itu sebabnya saya ingin sampaikan tidak elok teman-teman fraksi Nasdem seakan-akan membentuk opini dan menggiring persoalan kekalahan mereka dalam AKD DPRD Kota Manado dengan persoalan gaji DPRD,”jelas Kawalo.
Diapun kemudian mengatakan, bahwa be dinasti fraksi Nasdem banyak anggota DPRD baru, yang cenderung belum bisa berkomunikasi dengan baik dengan teman-teman karena berkomunikasi politik harus meyakinkan, sehingga ketika kompromi ini tidak terbangun dan kurang meyakinkan teman-teman di fraksi-fraksi yang lain, sehingga keinginan teman-teman fraksi Nasdem ini sulit untuk dipertahankan.
Menurut Kawalo, jauh-jauh hari bahwa ibu ketua sudah merencanakan bahwa pembentukan AKD akan dilakukan  berdasarkan asas kebersamaan dan menjadi harapan kita tetap dalam kondisi ketika berjalan ada perubahan spirit dan semangat teman-teman karena yang memilih bukan pimpinan DPRD, yang memilih pimpinan komisi adalah dari dan oleh anggota Komisi yang ada sebagai fraksi-fraksi.
“Tahapan mekanisme pemilihan sudah selesai. Mari kita fokus saja kepada apa yang akan kita lakukan bagi masyarakat,”tandas Kawalo.(jose)