PELANTIKAN DPW SI, DARI HARAPAN KETUM HINGGA ILUSTRASI GUBERNUR SULUT

PELANTIKAN DPW SI, DARI HARAPAN KETUM HINGGA ILUSTRASI GUBERNUR SULUT

Jumat, 04 Oktober 2019


SULUT KOMENTAR.  Pelantikan Pengurus DPW Syarikat Islam (SI) Sulawesi Utara Masa Jihad 2019 s/d 2024 oleh Ketua Umum DR. Hamdan Soelva,SH.MH berlangsung penuh hikmat dan sukses, disaksikan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey,SE. di Peninsula Hotel Manado (4/10-2019).

Sebelum pelantikan, Willy Tjokroaminoto ( buyut pendiri "SI" HOS Tjokroaminoto) pembacakan Surat Keputusan No. 026/PI/X/2019 Tentang Penetapan dan Pengesahan Pengurus SI Sulawesi Utara Masa Jihad 2019 s/d 2024, Tanggal 3/10-2019.

Dengan komposisi pengurus:  Machmud Turuis,SE (Ketua),  DR. Hamdi Gugule, M.Si (Sekertaris), Nasrudin Herlambang,SE (Bendahara).

Pembacaan sumpah dan Ikrar dipandu Ketua Umum DR. Hamdan Soelva, SH.MH yang diikuti seluruh pengurs yang dilantik.  Dalam pidato Ketua Umum, Soelva berkata,  "warga Sulut harus bersyukur punya Gubernur kebanggan semua bahkan menjadi kepercayaan Ketua Umum PDIP.

Lanjut Soelva,  Hi. Oemar Said Tjokroaminoto pernah ke Sulut dan jejak peninggalan masih kuat. Bahkan dizaman beliau, Sulawesi Utara jadi basis SI dengan menguasai pedagangan kopra meliputi SULUTTENGO.

Sehingga Dakwah ekonomi menjadi prioritas program SI kedepn dalam rangka perkecil ketimpangan ekonomi, dan meningkatkan Pendapatan perkapita Umat Islam.

Persoalan ini juga menjadi tantangan bangsa, negara dan pemerintah kedepan untuk perbaikan ekonomi masyarakat bawah. Sebagai mana tujuan berdirinya SI Tahun 1905 oleh HOS.Tjokroaminoto, dimana saat itu berada dalam strata ekonomi terbawah.

Pengurus baru harus kerja berat kedepan, sebagai pembawa amanat, adalah tanggung jawab untuk diberikan pada umat.  Membesarkan kembali SI diawali dengan Inventarisir pedagang kecil, bangun jaringan dengan semangat wira usaha.

Hamdan, perintahkan hidupkanlah kembali sekolah-sekolah Tjokroaminotao yang terbengkalai. Karena alumninya punya ciri khas yaitu manusia merdeka dengan adat sopan santun yang luar biasa menjadi wirausaha. Sesuai kurikulum yang diwariskan para pendiri.

Dengan prinsip SI, bangun kekuatan untuk bangun bangsa dengan ikhlas dan suci hati. Kekuatan akan lahir sumbangan akan muncul. Luruskan niat sebagai pekerjaan akhirat untuk orang banyak, bukan untuk diri sendiri. tegas Hamdan.


Gubernur, Olly Dondokambey,SE. balik memuji Syarikat Islam yang ikut terlibat dalam pembentukan negara termasuk penyusunan Pancasila.

Keyakinan Gubernur, kepada ketua yang baru dilantik, Machmud Turuis, mampu membawah SI Sulut lebih maju sesuai harapan Ketua Umum.

Gubernur Olly, memberikan ilustrasi cerita seorang Raja dengan 4 istrinya. Saat raja akan meninggal,  maka istri Pertama saja yang bersedia bersama sang raja dengan berkata "kemana kau pergi disitu akau berada".

Dijelaskan Olly, seperti jiwa dan hati kita, ia ikut kemanapun kita pergi dan berada, maka dia ada disana yaitu "hati yang bersih dan niat baik.  Jangam lupa masyarakat sekitar agar sukses bersama dan maju bersama untuk Indonesia lebih maju lagi, pesan Olly kepada seluruh pengurus SI yang baru dilantik.(jansen)