Notification

×

Iklan

Iklan

NVB: PENGARUH BIMTEK TERHADAP KINERJA DPRD SANGAT KUAT

Selasa, 29 Oktober 2019 | 21:05 WIB Last Updated 2019-10-30T10:36:56Z
NOORTJE VAN BONE
MINAHASA KOMENTAR-Pemahaman anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten dan Kota dalam menjalankan tugas, fungsi, hak dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, akan didapat lewat pendalaman tugas yang disebut Bimtek.

Itu sebabnya, belajar keluar daerah baik dalam bentuk studi banding maupun bimbingan teknis harus diikuti secara detil oleh setiap Anggota DPRD.


"Pendalaman tugas yang bernama bimtek untuk anggota DPRD Kota Manado, akan sangat menentukan dalam mencapai tujuan organisasi, maka melalui bimtek, DPRD dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang sangat berpengaruh terhadap hasil dari kinerja, terutama konteks tugas pokok DPRD, sehingga kinerja legislasi DPRD  dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan organisasi, "jelas Wakil Ketua DPRD Manado Noortje Henny Lukas Van Bone, di sela-sela penutupan Bimtek 40 Anggota DPRD Manado, Periode 2019-2024, di Mercure Hotel Desa Tateli Kabupaten Minahasa, Selasa (29/10/2019).

Dia kemudian mengatakan, kebijakan bimtek akan sangat berpengaruh terhadap kinerja legislasi DPRD, dalam bentuk keputusan atau peraturan daerah, seiring dengan banyaknya aspirasi masyarakat yang masuk ke DPRD.


"Adanya Bimtek yang mengarah kepada proses legislasi akan menuju pada  persamaan persepsi, mengingat beragamnya latar belakang anggota DPRD sebagai lembaga penyerap aspirasi, "tambah Noortje Van Bone (NVB).


Dia kemudian mengatakan, bahwa kesempatan bagi anggota DPRD dalam memahami tugas, fungsi, dan wewenangnya melalui Bimtek, juga diharapkan dapat membantu DPRD, dalam bekerja dan memberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan.


Apakah faktor anggaran, materi, dan penyelenggara dalam pelaksanaan Bimtek berpengaruh terhadap Kinerja legislasi DPRD? Kemudian apa pengaruh pelaksanaan Bimtek terhadap kinerja legislasi DPRD?

Secara keseluruhan kata Van Bone, dari hasil data menunjukkan bahwa pada faktor anggaran juga sangat mempengaruhi kegiatan bimtek.

Menurutnya lagi, Indikator ketepatan waktu dan keberhasilan kerja pada variabel kinerja, menunjukkan hasil yang berada diatas rata- rata ketika Anggota DPRD mengikuti Bimtek.

"Asalkan anggota DPRD harus melaksanakan tugasnya sebagai anggota Dewan dengan sikap yang terhormat,"paparnya.

Terakhir dikatakan Van Bone,  bahwa pelaksanaan bimtek berpengaruh signifikan terhadap kinerja legislasi DPRD.

Itu sebabnya, Bimtek untuk DPRD Sebaiknya laksanakan lebih dari dua kali dalam setahun, agar peningkatan kompetensi, dan pengembangan profesi menjadi lebih baik sehingga pencapaian keberhasilan kerja dalam mengemban tugas dan fungsi pun semakin meningkatk. (jose)

×
Berita Terbaru Update