"FPSL" BITUNG MENGINSPIRASI CIRCUMNAVIGATION MAGELHAENS DI TIDORE

"FPSL" BITUNG MENGINSPIRASI CIRCUMNAVIGATION MAGELHAENS DI TIDORE

Senin, 07 Oktober 2019



BITUNG KOMENTAR.  Pelaksanaan Festival Pesona Selat Lembe ( FPSL ) Tahun 2019 di Kota Bitung, menjadi inspirasi buat pemerintah Kota Todore Propinsi Maluku Utara dalam menyambut pelaksanaan "Sail Circumnavigation Magelhaens".

Seperti dikatakan Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim melalui Sekertaris Daerah, Asrul Sani Soeleman, dimana banyak hal yang diperoleh dari pelaksanaan "FPSL" sebagai pelajaran dalam persiapan Sail besar yang akan dilaksanakan di Kota Tidore Tahun 2021 mendatang yaitu ; Circumnavigation Magelhaens atau Napak tilas 500 tahun perjalanan keliling dunia Magelhaens.

Untuk diketahui, Magelhaens, yang lahir di  Sabrosa Portugal Utara , melakukan ekpedisi keliling dunia melalui Samudera Pasific untuk mencari rempah-rempah, kemudian tiba di Tidore Maluku Utara, satu-satunya tempat yang disinggahinya di Indonesia.

Maka Kota Tidore menjadi salah satu tempat pelaksanaan Sircumnavigation Magelhaens dari 25 Kota di Dunia dan terganbung dalam Global Network Magelhaens Cities ( GNMC)  yang akan disinggahi Tiem Napak Tilas  500 Tahun perjalanan keliling dunia Magelhaens.

Ditambahkan Soeleman,  Tiem Napak Tilas telah memulai perjalanan dari Kota Sevilla Spanyol sejak September 2019 lalu, dan akan tiba di Kota Tidore bulan November 2021 mendatang. Untuk itu pihak Pemkot Tidore hadir dan melihat pelaksanaan FPSL (7/10-2019) agar memperoleh masukan dan pengalaman.(jansen)