Notification

×

Iklan

Iklan

DANA ASPIRASI DEWAN BOLSEL MENDEKATKAN DENGAN MASYARAKAT

Selasa, 22 Oktober 2019 | 10:45 WIB Last Updated 2019-10-22T02:45:10Z


BOLSEL KOMENTAR. Masalah dana.Aspirasi mencuat pada Orientasi dan Pendalaman Tupoksi DPRD Kabupaten BOLSEL yang dilaksanakan atas kerja sama Sekertariat Dewan Bolsel bersama Badan Pengembangan SDM Propinsi Sulut.

Edison Humiang, Asisten I Sekda Propinsi Sulut saat membacakan sambutan Gubernur, mengaris bawahi kondisi yang kerap jadi perbincangan bahwa Anggota Dewan kurang dekat dengan masyarakat, mereka hanya dekat dengan rakyat saat pemilu.

Dewan salah satu unsur penyelenggara pemerintahan memiliki fungsi pembentukan Perda, Anggaran, Pengawasan. Membahas bersama Bupati Rancangan Perda, sesuai urutan prioritas.

Beberapa anggota Dewan langsung memberi tanggapan alasan kurang dekat dengan masyrakat diantaranya, yaitu terkait dana aspirasi tidak tertata di APBD Bolsel.

Dana aspirasi ini menjadi penting dalam memberi sentuhan atas kebutuhan masyarakat, terutama kuntituent dari masing-masing daerha pemilihan

Ada juga warga yang menjauhkan diri dengan anggota Dewan karena rasa hormat dan enggan untuk dekat dengan anggota Dewan yang diposisikan sebagai pejabat.

Ir. Arifin Olii, Ketua Dewan Bolsel, memberi tanggapan terkait Dana Aspirasi. Menurutnya, hal ini menjadi perhatian kedepan agar dalam pembahasan APBD 2020 dimasukkan Dana Aspirasi.

Kebetulan pembahasan APBD 2020 pembahasannya akan dilakukan usai Orientasi Anggota DPRD yang berlangsung selama 4 hari (21 s/d 24 /2019)  di Quality Hotel Manado.


Peki Bangki, Sekwan Bolsel, mengatakan, Orientasi ini bukan merupakan kewajiban anggota Dewan untuk ikut, tetapi merupakan hak setiap anggota Dewan, ( 20 Anggota ) untuk mendapatkan informasi terkait Tupoksi Dewan.

Bagi Anggota Dewan yang telah beberapa periode, hal ini merupakan penyegaran kembali sekaligus meng update aturan perundangan yang terbaru. Ada 6 materi pokok yang disampaikan oleh nara sumber bersertifikat, kemudian 1 materi terkait isue lokal pemerintahan didaerah. (jansen)




×
Berita Terbaru Update