Notification

×

Iklan

Iklan

BEGINI PERNYATAAN TRIO PIMDEKOT MENGENAI BIMTEK 40 ANGGOTA DPRD MANADO HARI KEDUA

Selasa, 29 Oktober 2019 | 00:50 WIB Last Updated 2019-10-28T17:03:30Z

MANADO KOMENTAR-Ketua DPRD Manado Aaltje Dra, Dondokambey mengatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) adalah program yang wajib untuk diikuti oleh 40 Anggota DPRD Manado di awal periode, karena Bimtek itu dimaksudkan untuk memberikan penguatan terkait kapasitas DPRD sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan, khususnya di Kota Manado.

”Sebagai Ketua DPRD saya merasa perlu untuk mengikuti Bimtek ini. Dan ini juga penting untuk diikuti oleh semua Anggota DPRD Manado. Apalagi Anggota Dewan yang baru terpilih,”ujar Dondokambey kepada Wartawan, Senin, (28/10/2019) usai mengikuti Bimtek hari kedua.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Noortje Van Bone mengatakan, bahwa  (Bimtek) adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

Menyinggung soal pelaksanaan Bimtek di Minahasa kata Van Bone, sebelumnya bimtek bagi anggota dewan diselenggarakan oleh Kemendagri  di Jakarta, tetapi karena Bimtek di luar Sulut sudah dilakukan oleh Anggota DPRD Periode sebalumnya, maka Bimtek kali ini, dilaksanakan di Minahasa atau sulut.

Pelaksanaan Bimtek di Minahasa kata Van Bone, bukan tanpa alasan. Dari hasil konsultasi ke Jakarta, bahwa pemerintah pusat juga menilai, bahwa  Perguruan Tinggi Negeri di daerah dinilai sudah mampu menjalankan peran dalam mencetak legislator handal. Itu sebabnya dalam tiga kali Bimtek untuk Anggota DPRD Manado, dua kali Bimtek harus dilaksanakan di daerah sendiri dan satu kali Bimtek bisa dilaksanakan di Jakarta atau di luar Daerah.

“Saya kira kita perlu menghormati peraturan, supaya tidak terjebak pada hal-hal yang nantinya berpotensi menjadi masalah bagi Pimpinan dan Anggota DPRD,”kata Van Bone.

Sementara itu, Wakil Ketua Adrey Laikun usai mengikuti Bimtek dihari kedua mengatakan, Bimtek untuk Anggota DPRD adalah untuk menambah wawasan mengenai status DPRD sebagai lembaga yang oleh undang-undang diberikan kewenangan untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan. Untuk itu, DPRD secara kelembagaan harus benar-benar paham tentang penyelenggaraan pemerinatahan.

“Saya percaya, bahwa rekan-rekan anggota DPRD memiliki latar belakang pendidikan yang luar biasa, tetapi tugas DPRD adalah untuk mengawasi penyelenggaraan pemerintahan. Jadi, saya setuju, jika seluruh anggota DPRD mengikuti semua materi dalam Bimtek,”tandas Laikun.(jose)

×
Berita Terbaru Update