SUTANANDIKA & IERVASI IRUP BERSAMA TUTUP "ELANG AUSINDO"

SUTANANDIKA & IERVASI IRUP BERSAMA TUTUP "ELANG AUSINDO"

Jumat, 27 September 2019

MANADO KOMENTAR. Operasi latihan bersama antara TNI AU bersama Air Force Comandar Australia dengan sandi "Elang AUSINDO", hari ini, Jumat (27/9-2019)  resmi ditutup dalam upacara bersama di lapangan udara Lanud Sam Ratulangi Manado.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara bersama dari TNI AU Marsekal Muda Yadi Indrayadi Sutanandika,MSS. dan Joe iervasi, Wakil Marshal Air Commandar Australia. Ditandai dengan menanggalkan tanda latihan bersama dari perwakilan peserta masing-masing Negara.

Dalam sambutan penutupan yang dibacakan Marsekal Muda Yadi I. Sutanandika, MSS, mengatakan tujuan latihan bersama untuk pererat hubungan TNI AU dan Air Comandar Australia dan Negara Indonesia.-'Australia pada umumnya.

Ada beberpa point yang ingin dicapai dalam latihan bersama ini diantaranya, meningkatkan kapabilitas dan.profesionalitas masing-masing angkatan.  Kemudian soliditas koordinasi dalam operasi, serta menjadi wahana saling tukar pengetahuan teknik tempur udara.

Sutanandika, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,SE yang bersedia menjadi tuan rumah latihan bersma ini.  Ucapan yang sama buat Angkasa Puara dan Air Nav Indonesia, terakhir buat Royal Air Force Commandar Australia.

Ditambahkannya, latihan bersama ini adalah teknik dan taktik dasar pertempuran udara, baik teknik tempur antara Satu Pesawat Tempur saling berhadapan, dan antara Dua pesawat hingga 4 Pesawat Tempur secara bersamaan.
 


Hadir dalam penutupan, Ketua Dewan Propinsi, Andrei Angouw, Kadis Pehubungan Sulut, Dr. Linda Watania, Komandan Lanud Sam Ratulangi Kol Kol. Johnny Sumaryana,SE dan Pejabat lingkup TNI AD Dandrem 131 /STG diwakili oleh Dandim 1309 / mdo Kol. Arh. Cristian Noel Frederik Tanjoeng, TNI AL, Kapolres Manado, Kombes Pol Benny Bawensel, serta seluruh personil TNU AU dan Air Force Australia.(jansen)