Headlines News :
Home » , » Poskesdes di Duasudara Terbengkalai, Ini Tanggapan Kadis Kesehatan

Poskesdes di Duasudara Terbengkalai, Ini Tanggapan Kadis Kesehatan

Written By Dhivan Awondatu on Kamis, 05 September 2019 | 22:00



BITUNG KOMENTAR-Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung nampak kosong terlantar alias tidak difungsikan. Bahkan kondisi sejumlah bangunan fasilitas kesehatan ini terbilang parah. Sedangkan keberadaan fasilitas kesehatan seperti ini sangat diperlukan guna memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"untuk apa bangunan dibangun, namun tidak ada pelayanan,” kata Recky, warga Duasudara kepada Komentar.co.id.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Frangki Soriton, ketika ditemui Komentar.co.id  di ruanganya, Kamis (5/9/2019). Menjelaskan, poskesdes itu dibangun pada 2005 lalu, dirancang untuk kepentingan bersama.

"Jadi silakan saja dimanfaatkan warga. Dan itu pernah disosialisasi lalu bahwa bisa digunakan pertemuan kesehatan dan apa saja," jelas Soriton.

Silahkan warga, Lanjut Soriton, agar memanfatkannya poskesdes tersebut secara maksimal,"Silakan manfatkan, sebab bangunan Poskesdes kepentingan masyarkat,"kata Soriton.

Sembari ia menambahkan, Pemkot Bitung melalui istansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan, berharap dan mengajak masyarakat di Kota Bitung memaksimalkan poskesdes daan pelayanannya,"Sebab layanan kesehatan yang dimiliki sudah lengkap,"tandasnya.

Senada disampaikan Camat Ranowulu Diana Sambiran bahwa tujuan Poskesdes tersebut dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar untuk melayani keluhan masyarakat mengenai kesehatan desa sebelum penanganan lebih lanjut ke Puskesmas atau ke rumah sakit.

"Poskesdes berperan penting terhadap tingkat kesadaran masyarakat mengenai kesehatan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawat daruratan secara mandiri, adanya Pos Kesehatan Desa yang representatif dan memadai sangat diperlukan sebagai penunjang kegiatan layanan kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kasihan kalau bangunan ini tidak dipergunakan sama sekali warga," jelas Camat kepada media ini lewat WhatsApp. (Ivan)


Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google