POLITISI PSI JURANI RURUBUA GANDENG ROMA DAN BODA, BANTU AIR BERSIH WARGA MAPANGET

POLITISI PSI JURANI RURUBUA GANDENG ROMA DAN BODA, BANTU AIR BERSIH WARGA MAPANGET

Sabtu, 21 September 2019
MANADO KOMENTAR-Musim kemarau yang melanda kota Manado tiga bulan terakhir ini, mengakibatkan kekeringan yang berdampak pada menurunnya ketersediaan air bersih masyarakat.

Kendati begitu, tidak banyak yang peduli dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terkait ketersediaan air bersih.

Bertandem dengan politisi PDIP Ronny Makawata dan Ketua Fraksi PAN Boby Daud,  Politisi cantik Partai solidaditas Indonesia (PSI) Jurani Rurubua, kemudian menghubungi pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dengan harapan mendapat air bersih untuk warga di Kecamatan Mapanget itu.

Hasilnya luar biasa, lewat kerja sama yang baik, akhirnya PDAM mengirim tangki pengangkut air untuk membantu warga di Koka, lapangan, RSS, dan Mapanget Barat yang mengalami krisis air bersih.

Menurut Jurani, bantuan yang mereka berikan itu sebenarnya bukan menjadi solusi, sebab ada instansi terkait, yang punya wewenang untuk membantu masyarakat terkait kebutuhan air bersih di saat musim kemarau.

"Saya berharap, Pemerintah kota Manado melalui PDAM dan PT Air, dapat memberikan bantuan kepada masyarakat, Khususnya air bersih. Inikan musim kemarau, harusnya ada langkah Bijak yang dilakukan untuk membantu, mengurangi penderitaan warga. Artinya pemerintah kota Manado perlu melakukan monitoring lewat setiap Kecamatan, Kelurahan bahkan lingkungan, sehingga berbagai kebutuhan dari warga kota Manado, di musim kemarau langsung diketahui oleh Pak Walikota dan jajarannya, sekaligus langsung memberikan bantuan pasokan air bersih diisetiap daerah yang mengalami Krisis air bersih. "kata Jurani yang bergabung bersama Fraksi Golkar di DPRD Manado dengan jabatan sebagai Sekretaris Fraksi.

Dia berjanji,  bahwa untuk mengantisipasi krisis air di Kecamatan Mapanget saat kemarau, pihaknya akan meminta pemerintah untuk membuat sarana penampung air lewat pengadaan tangki Air di PDAM agar kedepan, musim kemarau tidak lagi menjadi ketakutan warga.


Menurutnya, ada pengelolaan instalasi air bersih milik pemprov Sulut yang berada di Kima atas, dan jika pompa air itu bisa difungsikan, maka masyarakat yang ada di  perum Tamara, dan Mapanget Barat akan mendapatkan air bersih.

"Saya nanti coba berkoordinasi dengan pemprov Sulut untuk dapat mengaktifkan oprasional pompa air itu. Besok saya akan bantu air bersih di daerah Paniki dua, Paniki bawah, dan Lapangan, "tandasnya.

Ditempat berbeda, Politisi PDIP Ronny Makawata berharap, setelah dana pinjaman dari PT SMI digulirkan, kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat Kota Manado dapat tersalurkan sesuai kebutuhan meski di musim kemarau.

“Saat ini pemerintah kota sedang mengupayakan pinjaman dana dari SMI. Dan bila dana itu disetujui, sebahagian anggaran dipreoritaskan untuk pemasangan saluran perpiaan air bersih. Saya kira jika anggaran pinjaman itu bila benar-benar dimanfaatkan untuk hal itu, maka penyaluran air bersih ke rumah-rumah penduduk akan lancar. Jadi harapannya, mudah-mudahan pinjaman itu segera disetujui dan dicairkan agar masalah air bersih segera teratasi,” pungkasnya.(joss)