INILAH PENDAPAT BU' WINSU TENTANG FESTIVAL TELUK AMURANG

INILAH PENDAPAT BU' WINSU TENTANG FESTIVAL TELUK AMURANG

Rabu, 25 September 2019
Winsulangi Salindeho


MINSEL KOMENTAR.  Pelaksanaan Festival Teluk Amurang (25/9-2019) ternyata membuat penasaran warga Sulawesi Utara, sehingga banyak yang datang dari luar Minahasa Selatan bahkan ada yang dari Kabupaten Poso Propinsi Sulawesi Selatan.

Salah satu tokoh Masyarakat Nusa Utara, Winsulangi Salindeho, hadir langsung menyaksikan Festival Teluk  Amurang yang digagas Bupati Kabupaten Minahasa Selatan, Dr. Christiany Eugenia Tetty Paruntu, SE.

Dalam laporan Ketua Umum Panitia Festival Teluk Amurang, dr. Michaela E. Paruntu, MARS, ada sejumlah kegiatan lomba selama 3 hari (25 s/d 27-2019) pelaksanaan FTA, yaitu ; Lomba Stand, Lomba E-Sport, Lomba Soundsystem dan Lampu Hias.

Usai pembukaan FTA, Winsulangi Salindeho yang akarab disapa Bu' Winsu, memberi tanggapannya atas pertanyaan media ini terkait pelaksanaan FTA 2019. Ada sejumlah masukan dari Bu' Winsu, untuk menjadi masukan buat pelaksanaan FTA  kedepan.

Pertama, yang mendapat perhatian mantan Bupati Kepulauan Sangihe ini, tentang kesiapan Dinas Pariwisata untuk promosi pariwisata di Minahasa Selatan.

Menurutnya,  saat Bupati Tetty Paruntu menyampaikan Pidato Pembukaan kemudian menyebutkan setiap destinasi pariwisata di Minsel, seharusnya diikuti dengan tampilan dilayar panggung utama Vidio masing-masing destinasi. Contoh saat Bupati menyebut Batu Dinding maka muncul gambar atau Vidio tentang objek dimaksud.

Point berikut, terkait nama."Festival Teluk Amurang" maka harus nampakkan parade perahu hias di Teluk.Amurang sebanyak mungkin.  Alasannya, yang dijual kewisatawan adalah Teluk Amurang.  Maka tidak hanya disisi darat yang dipercantik, tetapi diseberang sana diatas teluk harus tampilkan potensi Teluk Amurang sebagai daya tarik pengunjung.

Terakhir, sebagai masukan untuk panitia pelaksana termasuk didalamnya Dinas Pehubungan Minahasa Selatan. Seperti diceritrakan Bu" Winsu,  saat berada di Amurang, kesulitan mencari titik lokasi penyelenggaraan FTA.  Bahkan kesasar hingga di batas Kota Amurang.

Rupanya menurut Bu' Winsu, kurangnya tanda penunjuk arah tempat pelaksanaan FTA baik berupa Tanda Penunjuk arah dari Dishub Minsel. Maupun tidak ada tanda dimana Pintu Masuk Utama ke Lokasi yang dihiasi Umbul-umbul  FTA atau  tanda Janur Kuning menuju lokasi kegiatan. Sehingga bayak pendatang dari luar daerah kebingungan dan kesasar, bahkan ada yang memilih nongkrong saja di pusat kota Amurang tanpan ke lokasi pelaksanaan FTA.


Harapan kedepan pelaksanaan FTA akan semakin baik lagi.  Sekaligus di moment yang baik ini, selaku Kader Golkar menyampaikan Selamat Ulang Tahun kepada Ketua DPD-I Golkar Sulut, Dr. Christiany Tetty Paruntu,SE ke 52 Tahun. (jansen)