GUBERNUR OD, DIWAKILI ASISTEN BUKA ORIENTASI 40 ANGGOTA DPRD MANADO

GUBERNUR OD, DIWAKILI ASISTEN BUKA ORIENTASI 40 ANGGOTA DPRD MANADO

Rabu, 11 September 2019
MANADO KOMENTAR-Pengenalan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) 40 Anggota DPRD Manado yang dikemas lewat kegiatan bernama Orientasi, Rabu (11/09/2019) dibuka oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Pemerintah Sulut, Edison Humiang bertempat disalahsatu hotel di Manado.

Sebanyak 40 anggota DPRD Kota Manado masa jabatan 2019-2024, terlihat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Utara.

Wakil rakyat Kota Manado menjadi anggota DPRD pertama di Sulut yang mengikuti orientasi dari BPSDM Sulut selama tiga hari.

 Menariknya, setelah dibuka langsung masuk pada sesi tanya jawab yang dipandu langsung
Sekretaris DPRD Manado, Steven Rende. SH. MH.

Sementara, Kabid BPSDM Sulut, Yahya Rondonuwu mengatakan, dasar dari kegiatan ini berdasarkan UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 107 huruf g dan pasal 160 huruf g yang mengamatkan mengikuti orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Selain itu, berdasarkan surat edaran Mendagri no 893/6284/S/J tanggal 11 Juli 2019 tentang tentang penyelenggaraan orientasi atau pembekalan bagi anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Adapun tujuan orientasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan ketrampilan, sikap, dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah daam kerangka NKRI," katanya.

Sementara Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Pemerintah Sulut, Edison Humiang mengatakan, sebagai momentum strategis untuk memperteguh komitmen dan motivasi untuk semua yang hadir.

"Karena itu saya mengapresiasi yang tinggi dan terimakasih kepada jajaran BPSDM atas sinergitas dan prakarsa positifnya dalam mengupayakan kegiatan ini," katanya.

Adapun tujuh materi yang bakal diterima ialah,
1. Isu aktual/atau muatan lokal
2. Pancasila UUD 1945, bhinneka tunggal ika, dan wawasan kebangsaan NKRI.
3. Internalisasi integritas
4. Sistem pemerintahan Indonesia
5. Pembangunan daerah dan Pembangunan keuangan daerah
6. Hubungan kerja anggota DPRD dan kepala daerah
7. Fungsi, tugas, wewenang,  serta hak kewajiban DPRD. (jose)