WALIKOTA BITUNG MENGHADIRI UPACARA PENUTUPAN TMMD

WALIKOTA BITUNG MENGHADIRI UPACARA PENUTUPAN TMMD

Sabtu, 10 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR - Walikota Bitung Naximiliaan Jonas Lomban, SE, M.Si, menghadiri Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 TA. 2019 Kodim 1310/Bitung yang telah dilaksanakan di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung Desa, (8/8/2019).

Dalam acara tersebut, Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang memimpin langsung jalannya acara sebagai inspektur upacara. Turut juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Bitung, para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat se-Kota Bitung, serta para tamu undangan.

Saat ditemui media, Walikota Bitung mengatakan, TNI sebagai unsur kekuatan pembangunan Nasional membulatkan tekad untuk menunaikan pengabdiannya bagi masyarakat. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah dimulai sejak dicanangkan pada tahun 1980 ini pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan rakyat. Tentunya dengan satu tujuan yaitu membantu masyarakat membangun desanya yang lebih baik dari sebelumnya.

"Pelaksanaan TMMD ini merupakan bukti kepedulian dari segenap unsur TNI dalam upaya memperteguh sikap dan tekad kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dalam kiprahnya selalu mengabdikan dirinya bagi kepentingan rakyat," ungkap Walikota Bitung.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama ini telah banyak mengubah kehidupan masyarakat menuju perbaikan yang lebih baik. Perbaikan tersebut diukur dengan adanya peningkatan taraf pendidikan, derajat kesehatan, dan daya beli masyarakat.

TMMD ke-105 TA. 2019 Kodim 1310/Bitung ini merupakan sasaran kegiatan fisik dan kegiatan nonfisik adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan pembinaan mental, pembinaan spiritual, atau perjuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui penyuluhan penerangan dan pelatihan keterampilan oleh organisasi Pemerintah Daerah Kota Bitung.

"Program pengembangan desa ini merupakan program yang dilakukan lintas sektoral tentunya tujuannya adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan terutama bagi desa yang menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa agar benar-benar dapat terwujud," tandasnya.