WAKAPOLDA PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT RI KE 74

WAKAPOLDA PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT RI KE 74

Sabtu, 17 Agustus 2019


SULUT KOMENTAR.   Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/08/2019) pagi, di lapangan upacara Mapolda. Bertindak selaku inspektur upacara (irup) LWakapolda Sulut, Brigjen Pol Drs. Alex Mandalika.

Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., dalam amanat tertulis dibacakan irup mengatakan, peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia ini menjadi momentum bagi Polri dan jajaran untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa.

“Selain itu, peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Wakapolda.

Dalam suasana yang penuh dengan semangat nasionalisme ini, lanjut Wakapolda, seluruh jajaran juga harus menyadari bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks. Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam tataran global, regional, maupun lokal.

Lebih lanjut Wakapolda menuturkan, dalam Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan lima Instruksi kepada institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri.

“Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,” terang Wakapolda.

Secara lebih rinci, instruksi tersebut menjadi penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020, yaitu “peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas”. Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 ini.

Dalam amanatnya, Kapolri juga menggugah semangat bertugas seluruh personel. Hal ini mengingat Polri dan jajaran akan menghadapi berbagai agenda nasional.

Antara lain dalam tahapan akhir pengamanan Pemilu 2019, Polri akan mengamankan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, dan DPR RI, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu Tahun 2019. Selanjutnya pada akhir tahun, Polri akan menyelenggarakan pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Untuk menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, Kapolri berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas.

“Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata,” tegasnya.

Tak kalah penting, Kapolri juga meminta seluruh jajaran untuk menjalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal.

“Selanjutnya, pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pungkas Wakapolda membacakan amanat.

Upacara tersebut diikuti oleh para Pejabat Utama Polda Sulut, beserta seluruh anggota Polri dan ASN. Upacara bendera ini berlangsung dengan tertib dan khidmat.(jansen)