TMMD SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM LINTAS SEKTORAL

TMMD SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM LINTAS SEKTORAL

Jumat, 02 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR - Program bedah rumah berangkat dari kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat kurang mampu untuk menciptakan lingkungan yang baik demi meningkatkan kualitas hidup warga masyarakat.

Sebagaimana diketahui, banyak warga yang kurang beruntung menempati rumah yang tidak layak untuk ditinggali. Mereka harus hidup berdesakan dalam rumah yang memiliki kondisi fisik yang buruk dengan atap yang sudah rusak.

Keadaan ini diperparah dengan sanitasi dan sirkulasi udara yang buruk. Hal ini tentunya berdampak buruk bagi kesehatan dengan banyaknya penyakit yang muncul, juga berpengaruh negatif terhadap kondisi mental penghuni maupun lingkungan tumbuh kembang anak di masa depan.

Melihat kondisi demikian Kodim 1310/Bitung mengajak Pemerintah Kota Bitung dan beberapa pihak swasta yang peduli untuk bersama sama memperbaiki kondisi ini dengan membantu membedah, membongkar rumah yang tidak layak dan membangun kembali menjadi hunian yang layak untuk ditinggali melalui TMMD ke-105 TA. 2019.

TMMD merupakan salah satu program lintas sektoral baik dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Mayarakat yang menjadi sasaran di tempatkan di daerah yang terpencil dan terpinggirkan.

"Dengan adanya program TMMD diharapkan dapat membantu meningkatkan percepatan pembangunan melalui pertumbuhan ekonomi di daerah, meningkatkan tarap kehidupan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan serta meningkatkan desa sebagai subjek pembangunan, di mana desa dapat mengelola sendiri, melaksanakan sendiri, dan memberdayakan sendiri masyarakatnya, agar semakin banyak masyarakat yang terbantu," terang Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, (1/8/2019).