TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM TMMD

TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM TMMD

Rabu, 14 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR - Tujuan utama dari program TMMD adalah dalam rangka pemerataan pembangunan Nasional untuk lebih sejahtera, adil dan gotong royong (partisipatif) serta dalam rangka memperkuat kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat.

Upaya edukatif yang diterapkan oleh Kodim 1310/Bitung adalah untuk menerapkan nilai dan perilaku hidup dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu, terutama dalam kebersamaan gotong royong dan partisipasi pembangunan lingkungan.

Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan partisipasi masyarakat Kelurahan Duasudara setelah mengikuti program ini dimana motivasi, kedisiplinan dan kesadaran akan lingkungan (desa) menjadi lebih baik.

Peningkatan partisipasi masyarakat dibidang kontribusi pemikiran mengalami peningkatan sebesar. Semua aspek yang menjadi indikator dalam ukuran partisipasi mengalami peningkatan dimana hal ini menjadi suatu indikasi positif dari program TMMD yang dapat diterima oleh masyarakat Kelurahan Duasudara.

Program TMMD ini dinilai merupakan program yang tepat guna dimana dapat mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan partisipasi yang tumbuh di masyarakat.