SONNY TAKUMANSANG HANTAR HUBMAS PEMKOT MANADO JADI JUARA SULUT

SONNY TAKUMANSANG HANTAR HUBMAS PEMKOT MANADO JADI JUARA SULUT

Senin, 26 Agustus 2019

MANADO KOMENTAR-Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018, Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, meraih penilaian kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Hal itu tergambar lewat  Validasi Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Kabupaten-Kota ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada tanggal 22 sampai dengan 24 Agustus 2019, bertempat di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut.


Hasil tersebut disampaikan olehh Tim Teknis Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) yakni, Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah I Direktorat EKPKD, Drs Faebuadodo Hia, M.Si, Kasi Evaluasi Kinerja Wilayah IA, Direktorat EKPKD, Parlin Jumanti Siahaan, SE, M.Si, Kasi Evaluasi Kinerja Wilayah IB, Direktorat EKPKD, F. Retno Endrowati, ST, M.Si, Pengevaluasi Program dan Kinerja Wilayah IA, Direktorat EKPKD, Ronne A.C. Kalalo, S.STP dan Analisis Pemerintahan Daerah Wilayah IB, Direktorat EKPKD, Bhram Ario Adhi, Kepala Biro Pemerintahan DR Jemmy Kumendong bersama Tim Evaluasi LPPD Daerah Provinsi Sulawesi Utara.



Perlu diketahui, raihan penilaian untuk tahun 2018 lalu, Pemkot Manado meraih urutan kedua dari 15 kabupaten/kota di Sulut dan Tahun 2019 ini meraih nilai tertinggi. Hal ini menunjukkan kinerja Walikota Manado bersama jajarannya selama ini telah berhasil memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab.
dalam penghargaan tersebut di antaranya adalah Pengambil Kebijakan, Pelaksanaan Urusan Pemerintahan, serta Pelaksana Kebijakan seluruh perangkat daerah. Dengan melaporkan LPPD dan mempublikasikan Ringkasan LPPD kepada masyarakat, dapat terlihat bagaimana capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintah daerah selama satu tahun sebagai perwujudan transparansi dan akuntabilitas.


Menurut Walikota GS Vicky Lumentut, penghargaan ini didedikasikan kepada masyarakat. bahwa seluruh jajaran Pemkot terus berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggung jawab.
“Nilai tertinggi LPPD Pemkot Manado ini patut kita syukuri. Ini menunjukkan bahwa kita sudah berada di trek yang benar, sehingga akan terus kami pertahankan, terimakasih Bagian Pemerintahan dan Humas Setda Kota Manado, atas kinerja dan kerjasamanya, mampu menyajikan LPPD dengan baik, tentunya ini menjadi perhatian dari Perangkat Daerah lainnya dalam kita terus bersama pemberbaiki kinerja dalam melayani masyarakat,” ujar Walikota. Sembari menyampaikan bahwa sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab, dan mampu menjawab tuntutan masyarakat secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.


Sementara itu, Kabag Pem-Humas Setda Kota Manado, Drs Sonny Takumansang, M.Si, menambahkan, prestasi ini merupakan buah dari petunjuk dan arahan dari Pimpinan Daerah, Bapak Walikota, Bapak Wakil Walikota, Bapak Sekda Kota Manado, Bapak Asisten I Setda Kota manado, serta Bapak/Ibu Kepala Perangkat Daerah yang telah bersama-sama memberikan masukan dan laporan
“Terimakasih kembali kepada Bapak Walikota, Wakil Walikota, Sekda Kota Manado, Asisten I Setda Kota Manado, Para Kepala Perangkat Daerah, Tim Pendampingan dari Inspektorat, terlebih khusus kepada Bapak/Ibu Tim Penyusun LPPD yang ada di Perangkat Daerah sudah menyiapkan data dukung yang diminta oleh Tim Depdagri maupun Tim Daerah Provinsi Sulut. ” pungkasnya sembari menambahkan, terimakasih kepada seluruh pihak yang turut bekerja sama membantu selama penyusunan LPPD Kota Manado.(jose)