Headlines News :
Home » , » Perayaan HUT Kecamatan Ranowulu Hari Ini Salah ??, Ini Penjelasan Para Mantan Camat

Perayaan HUT Kecamatan Ranowulu Hari Ini Salah ??, Ini Penjelasan Para Mantan Camat

Written By Dhivan Awondatu on Kamis, 29 Agustus 2019 | 21:36

BITUNG KOMENTAR-Perayaan hut Kecamatan Ranowulu yang dulunya bernama Kecamatan Bitung Utara, pada Kamis (29/8/2019) hari ini ke 43, dinilai salah dan tidak mendasar karena tidak sesuai tanggal peresmian wilayah kecamatan tersebut.

Hal ini dikatakan mantan Camat pertama Bitung Utara, Drs. S.A Sondakh saat dikonfirmasi, Kamis (29/8). Menurut Sondakh, kecamatan Ranowulu terbentuk bersamaan dengan pembentukan Kota Administratif (Kotif) Bitung berdasarkab Undang-undang pada tanggal 10 April 1975.

“Saat itu Kotif Bitung terbentuk dengan 3 Kecamatan yakni Bitung Utara, Bitung Tengah dan Bitung Selatan, tanggal 10 April 1975. Tanggal 11 April 1975 atau sehari setelah itu, saya dilantik jadi Camat Bitung Utara pertama. Saat itu Walikota Kotif Bitung, bapak Worang. Makax waktu saya Camat, tidak pernah dibuat hut Kecamatan karena bersamaan dengan hut Kotif, ” ujar Sondak.

Mantan ketua KPU Bitung pertama ini mempertanyakan dasar perayaan hut kecamatan Ranowulu pada hari ini ke 43, karena menurutnya itu salah. “Bulan Agustus 1976 itu peresmian kantor Kecamatan. Itu ada di prasasti di kantor Camat. Bukan pembentukan kecamatan. Jadi perayaan hut hari ini salah. Camat tidak pernah konsultasi dengan saya,” ujarnya.

Sementara itu, Yudi Sengke SH selaku mantan Camat pertama Ranowulu mengatakan, perayaan hut kecamatan Ranowulu ke 43 hari Kamis 29 Agustus hari ini salah karena tidak ada dasar. “Dasar perayaan hut apa? Kalau dihitung sejak berubah nama, Bitung Utara berubah nama jadi Ranowulu pada 10 Oktober 2007, bertepatan hut kota Bitung saat itu dan saya Camat pertama Ranowulu,” ujar Sengke.

Sementara itu, Camat Ranowulu Diana Sambiran, S.Sos MAP yang dikonfirmasi mengatakan, dirinya merayakan hut berdasarkan tanggal di prasasti. “Di prasasti tanggal 11 Agustus 1976. Makanya kami buat sekaligus penyerahan hadiah lomba dalam rangka 17 Agustus,” kata Diana.
Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google