PELAKSANAAN PROGRAM TMMD MELALUI PROSES YANG MATANG

PELAKSANAAN PROGRAM TMMD MELALUI PROSES YANG MATANG

Sabtu, 03 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR - Program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran dengan menggunakan bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehenif dan integral.

Program TMMD melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat Desa dan Kelurahan. Sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, kemudian dibahas di forum DPRD untuk disahkan menjadi Program Pembangunan Daerah.

Hal ini senada dengan yang di sampaikan oleh Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, bahwa pemilihan Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung sebagai lokasi TMMD ke-105 TA. 2019 yang sedang dikerjakan Kodim 1310/Bitung kali ini, karena adanya usulan dari Kelurahan yang disampaikan melalui musrembang kecamatan dan menjadi program sasaran pada tingkat Kota Bitung, (2/8/2019).

"Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik, membangun sarana dan prasarana fisik, meningkatkan sarana prasarana wilayah yang berada di pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial sedangkan kegiatan non fisik, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran bela Negara, penegakan hukum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti keluarga berencana, kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain melalui penyuluhan atau kegiatan lainnya yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jatidiri bangsa," terang Dandim.

Dengan dukungan TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung untuk kegiatan fisik dan non fisik dari APB Pemda setempat. Sedangkan dukungan pergeseran, kodal, makan dan uang saku pasukan TNI menggunakan APBN.

"Dukungan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD, dalam bentuk tenaga secara bergiliran. Selain itu sebagian masyarakat telah merelakan sebagian tanahnya untuk pembuatan dan pelebaran jalan," jelasnya.