PELAKSANAAN PROGRAM TMMD, ADA FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT

PELAKSANAAN PROGRAM TMMD, ADA FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT

Rabu, 14 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR - Kesiapan, kesigapan dan kedisiplinan adalah faktor yang mendukung pelaksanaan dari program TMMD, terutama dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan dalam susunan program TMMD.

Selain itu kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat telah banyak mendukung terhadap kelancaran proses penyelesaian program ini. Masyarakat yang terlibat selaku pengguna program TMMD mempunyai sikap yang terbuka dalam setiap perubahan yang ditawarkan.

Peluang yang muncul dari program ini adalah potensi sumber daya manusia masyarakat desa yang sangat baik terutama dalam hal etos kerja. Dalam hal pertanian, peluang yang muncul setelah program ini adalah peningkatan pemasaran dan pendistribusian hasil pertanian warga ke berbagai daerah.

Peluang lain adalah jalinan kemitraan lintas sektoral yang dapat dikembangkan oleh penyelenggara TMMD, untuk terus merangkul pihak-pihak dari instansi lain agar dapat bekerjasama dikemudian hari.

Faktor yang menjadi penghambat dalam penyelenggaran program TMMD adalah keterbatasan waktu penyelenggaraan yang hanya 30 hari. Alokasi waktu yang minim membuat penyelenggaraan program menjadi terkesan statis. Ancaman yang dikhawatirkan adalah sikap masyarakat yang dikemudian hari tidak memelihara produk hasil pembangunan.