Headlines News :
Home » , » KSM TINGKAT NASIONAL HADIRKAN 5000 PESERTA DI MANADO

KSM TINGKAT NASIONAL HADIRKAN 5000 PESERTA DI MANADO

Written By Jansen Tongkotou on Senin, 26 Agustus 2019 | 15:25

Sutarji Adipati, SPdi


SULUT KOMENTAR.  Propinsi Sulawesi Utara kembali dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional menghadirkan 5000 peserta dari seluruh Indonesia.

Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional ini menurut H. Sutarji Adipati, SPdi, Kabid Pendis Kemenag Sulut akan dilaksanakan selama Lima (5) dari Tanggal 16 s/d 20 September 2019 mendatang.

Yang dilombakan diantaranya Bahasa Inggris, Kimia, Geografi, dan Teknologi terapan yang dihasilkan masing-masing Madrasah terbaik se Indonesia. Direncanakan pembukaannya di Grand Kawanua Internasional Convention Center.

Lokasi lomba di Campus Institut Aagama Islam Negeri (IAIN) Manado, dan penutupan di Graha Gubernuran, Bumi Beringin.

Ditambahkan Adipati, juga Ketua Panitia lokal Manado, alasan dipilihnya Campus IAIN Manado sebagai tempat lomba, karena memiliki fasilitas gedung yang sangat representatif yang akan dilengkapi fasilitas jaringan Komputer yang digunakan peserta lomba.

Menurutnya, jumlah yang akan ikut lomba ada 500 peserta, namun animo pendukung yang memberi semangat pendamping dari masing-masing Madrasah sehingga diperkirakan yang akan datang di Manado mencapai 5000 orang. Sebai contoh dari Makasar Sulawsi Selatan akan hadirkan 500 orang, jelas Adipati.

Kompetensi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2019, dalam rangka meningkatkan minat  bakat siswa dan KSN ini adalah yang ke 8 di Sulut. Sebelumnya KSN ke 7 di Bengkulu Tahun 2018 lalu.  Derencanakan akan hadir dan dibuka langsung oleh Mentri Agama RI.

Selain siswa peserta lomba dan para pendamping, juga akan hadir seluruh Kakanwil se Indonesia, Rektor IAIN & STAIN se Indonesia. Selaku Ketua panitia lokal pihaknya telah laporkan kegiatan ini kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Sekprop, Edwin Silangen.


Respon Gubernur memberi  apresiasi setingginya kegiatan bertaraf Nasional ini.  Dipilihnya Sulut karena kondusif, aman penuh kebersamaan dan rukun. Jelas Adipati.

Dampak ekonomi bagi Sulut pasti pendapatan meningkat baik disektor Kuliner dan Hotel full booking semuanya. Selaku Panitia, menjamin Pererta lomba mendapatkan kamar hotel lewat e-booking.

Menyinggung kesiapan pelaksanaan lomba KSN, menurut Adipati, kesiapannya telah 60 %.  Yang masih berproses adalah proses lelang Ivent Organiser yang mengatur mulai.prmbukaan hingga penutupan lomba dengan sumber pembiayaan Kementrian Agama RI. (jansen)
Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google