HASIL POSITIF PROGRAM TMMD HARUS DIMANFAATKAN DENGAN BAIK OLEH MASYARAKAT

HASIL POSITIF PROGRAM TMMD HARUS DIMANFAATKAN DENGAN BAIK OLEH MASYARAKAT

Rabu, 14 Agustus 2019


BITUNG KOMENTAR - Setelah mengkaji hasil program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, dapat diungkapkan beberapa saran yang diharapkan dapat bermanfaat untuk semua pihak.

Aparat desa dan instansi yang menjadi mitra, dengan meminta kritik dan saran kepada semua pihak yang terlibat terhadap kegiatan program, dengan terus meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan program dan penambahan kegiatan-kegiatan terutama kegiatan yang bersifat non-fisik seperti pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sosial.

Aparatur Kelurahan Duasudara sudah selayaknya memberikan pembinaan dan monitoring secara rutin terhadap perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat pasca program TMMD. Selain itu, terus meningkatkan pelayanan masyarakat terutama aspirasi terhadap analisis kebutuhan masyarakat baik dibidang pembangunan fisik maupun pembangunan nonfisik.

Masyarakat Kelurahan Duasudara diharapkan untuk terus memelihara dan menjaga produk hasil pembangunan baik itu produk pembangunan fisik seperti jalan, jembatan, sekolah, kantor tiga pilar, bedah rumah, maupun pembangunan nonfisik seperti pemberdayaan keluarga, sosialisasi anti narkoba, sosialisasi kesadaran bela negara dan penyuluhan lainnya.

Setelah program TMMD ke-105 TA. 2019 Kodim 1310/Bitung ini, masyarakat diharapkan untuk dapat memanfaatkan hasil positif dari program ini seperti akses jalan yang baik untuk dapat dijadikan peluang usaha yang mampu meningkatkan pemasaran hasil pertanian.