BENNY PARASAN: PEMINDAHAN IBUKOTA NEGARA KE KALIMANTAN SANGAT TEPAT

BENNY PARASAN: PEMINDAHAN IBUKOTA NEGARA KE KALIMANTAN SANGAT TEPAT

Jumat, 16 Agustus 2019

MANADO KOMENTAR-Pidato kenegaraan Presiden RI. Ir Joko Widodo, mempertegas pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia  ke-Wilayah Kalimantan.

Hal itu kemudian ditanggapi Anggota DPRD Manado Benny Parasan SH.MH. Menurutnya, rencana pemindahanIbukota Negara ke-Kalimantan, karena wilayah tersebut dianggap memenuhi sejumlah kriteria.“Yang pasti akan berdampak positif ke seluruh Wilayah Kalimantan,”kata Parasan disela-sela rapat paripurna mendengarkan Pidoto kenegaraan Presiden RI, bertempat di Ruang paripurna kantor DPRD Manado, Jumat (16/08/2019).

Lanjut dikatakan Parasan, alasan presiden mengambil Kalimantan sebagai Ibukota Negara, agar Indonesia-sentris, seimbang terhadap seluruh wilayah Indonesia. “Saya piker. Itu mengapa Kalimantan menjadi pilihan, selain karena lahan yang luas dan relatif aman bencana,”ujar Parasan.

"Pemindahan Ibukota negara akan memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, juga mendorong perdagangan antar wilayah Indonesia,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Parasan, sebagaimana hasil pantauan lewat media, bahwa Presiden telah memberikan arahan  lewat Rapat Terbatas Kabinet pada 29 April 2019, dimana Presiden RI Joko Widodo memberi arahan untuk memilih alternatif ketiga, yaitu ke luar Jawa dan harus berada di tengah NKRI untuk memudahkan akses dari seluruh provinsi serta harus dapat mendorong pemerataan antara Kawasan Barat dan Kawasan Timur Indonesia.

Itu sebabnya kata Tua, sapaan akrab Benny Parasan, penyampaian Presiden untuk menempatkan Ibukota Negara ke Kalimantan sudah sangat tepat.(jose)