ALTJE DONDOKAMBEY BERI SIGNAL DUA FRAKSI KEBAGIAN KETUA KOMISI

ALTJE DONDOKAMBEY BERI SIGNAL DUA FRAKSI KEBAGIAN KETUA KOMISI

Jumat, 16 Agustus 2019

MANADO KOMENTAR-Politisi PDI-Perjuangan sekaligus peraih suara terbanyak pada Pileg 17 April 2019 lalu, Dra, Altje Dondokambey. M.Kes menegaskan, Fraksi PDI-P DPRD Kota Manado wajib menduduki tempat terhormat pimpinan Komisi.

“Jadi sebagai Fraksi terbesar di DPRD Manado, kami layak untuk menduduki jabatan ketua untuk 3 Komisi. Ini layak kami ambil sebab kami memiliki perolehan kursi terlalu jauh dengan fraksi yang lain,”ujar Dondokambey usai mengikuti rapat paripurna DPRD dalam rangka mendengarkan pidato Presiden RI, bertempat di Ruang rapat paripurna, kantor DPRD Manado, Jumat (16/08/2019) sore tadi.

Ditambahkan Dondokambey, normatifnya, dari 16 jabatan alat kelengkapan dewan (AKD) PDI-P harusnya mendapat jatah 40 persen.

Kendati begitu, Ketua Dewan sementara itu menjelaskan, tidak menutup kemungkinan adanya lobi-lobi dari fraksi lain untuk melakukan penyeimbang dalam penentuan pembagian pimpinan AKD.
“Inikan lembaga politik. Kita tidak serakah mengenai AKD. Pasti ada penyeimbang. Kita akan bicarakan lewat mekanisme partai, karena Fraksi PDI-P ada 10 personil. Tentu ada ide-ide dan masukan yang perlu kami tampung, kemudian kita jadikan sebagai sebuah keputusan,”tegas Dondokambey.

Mengenai adanya dua Pimpinan dewan yang juga menghendaki Ketua Komisi, ditanggapi dingin Dondokambey. Menurutnya ke-2 pimpinan Dewan tentu memiliki hak yang tidak kalah penting dengan PDI-P, meskipun porsinya berbeda.
”Kita lihat saja nanti, yang paling penting di Lembaga DPRD Manado adalah kebersamaan. Nda usah baku-baku marah,”ujarnya dengan dialeg Manado.(jose)