VAN BONE: APBD-P 2019 DIBAHAS ANGGOTA DPRD LAMA

VAN BONE: APBD-P 2019 DIBAHAS ANGGOTA DPRD LAMA

Selasa, 23 Juli 2019
NOORTJE LUKAS VAN BONE
MANADO KOMENTAR-Ketua DPRD Kota Manado Noortje Lukas Van Bone menyatakan optimis, APBD-Perubahan kota Manado tahun 2019 dapat dibahas sebelum periode Anggota DPRD yang lama berakhir.
“Saya optimis, DPRD bersama TAPD dapat menyelesaikan pembahasan Anggaran perubahan tahun 2019 sebelum pelantikan Anggota DPRD yang baru dilantiik,”tegas Van Bone, Selasa (23/07/2019), bertempat diruang kerjanya lantai 2 kantor DPRD Manado.
Dijelaskan Van Bone, Anggota DPRD yang baru kemungkinan dilantik tanggal 14 Agustus 2019.”Artinya, setelah dilantik, DPRD yang baru belum langsung bekerja maksimal, sebab hnarus ada pembentukan alat kelengkapan Dewan seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar) Badan Legislasi (Baleg) serta pendistribusian anggota kesetiap Komisi. Ini akan memekan waktu yang cukup lama. Terus kapan APBD-P dibahas?, sementara itu pembahaan APBD Induk juga sudah didepan mata,”jelas Van Bone.

Dia lalu menjelaskan mekanisme pembahasan APBD-P. Bahwa sebelum dibahas harus ditetapkan dalam rapat Banmus. Sementara untuk membentuk Banmus tidak semuda membalikan telapak tangan, karena semua kepentingan politik akan diukur lewat pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD).
Itu Sebabnya kata Van Bone tadi malam telah dilaksanakan rapat Banmus untuk menetapkan agenda pembahasan APBD-P 2019.”Kita sudah menetapkan agenda pembahasan APBD-P, bahkan kita sudah maju satu langkah sehingga dalam Sidang paripurna siang ini, kita akan masuk pada pembicaraan tingkat II atas Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Manado tahun 2018,”jelas Van Bone.
Lanjut dikatakan Van Bone, selain mendengarkan laporan badan anggaran atas Ranperda pertanggungjawaban APBD tahun 2018, dalam paripurna, juga akan mendengarkan nota pengantar Walikota, tentang KUA-PPAS, APBD-Perubahan tahun 2019.jose)