Headlines News :
Home » » UNSRAT DATANGKAN SEMBILAN DOKTER AHLI KE KAB.BOLMONG

UNSRAT DATANGKAN SEMBILAN DOKTER AHLI KE KAB.BOLMONG

Written By Valentino on Jumat, 19 Juli 2019 | 20:35

BOLMONG-KOMENTAR,. Universitas Negeri Sam Ratulangi Manado, hadirkan sembilan dokter ahli ke Bolmong. Mereka dihadirkan dengan tujuan memberikan pelayananan kesehatan kepada warga masayarakat Bolmong.

Selain pelayanan kesehatan, Unsrat juga memberikan penyuluhan serta pelatihan kepada masyarakat. Hal itu dirangkaikan dengan Dies Natalis ke 58 Unsrat Manado, yang dilaksanakan di Kabupaten Bolmong.

Kehadiran dokter ahli mata, ahli kandungan, kulit dan kelamin, penyakit dalam, ahli bedah, dokter anak, dokter saraf, rehab medik dan dokter ahli jantung, itu mendapat respon positif oleh masyatakat Bolmong.

“Bersyukur dan berterimakasi, kami bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis. Sangat membantu kami untuk berobat, serta bisa mengetahui penyakit yang diderita, apalagi langsung diberikan obat-obatan,” ungkap sejumlah warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Sahara Albugis mengatakan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat ini dalam rangka Dies Natalis Unsrat Manado ke 58 yang di gelar di Bolmong,

“Ya, kegiatan dipusatkan di dua tempat, yakni di Des Lolak Kecamatan Lolak dan Desa Inobonto Kecamatan Bolaang. Ada sembilan dokter yang datang ke Bolmong,” ucap Albugis saat berada di lokasi pelayanan kesehatan di Desa Lolak, Jumat (19/7).

Dari pantauan KOMENTAR warga sangat antusias datang untuk memeriksakan kesehataan mereka. Mulai dari pemeriksaan mata, pemeriksaan penyakit dalam, kandungan, jantung.

Kata Albugis menuturkan, masyarakat yang melakukan pemeriksaan ini lebih didominasi para orang tua. Rata-rata mereka datang melakukan pemeriksaan mata dan penyait dalam.

Ditambahkan, mulai dari gangguan pernapasan ringan atau ISPA. “Ada juga yang melakukan pemeiksaan mata dan mendapat kaca mata gratis dari pihak Unsrat Manado,” ucapnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, ada juga pelatihan perikanan masyarakat pesisir yang dilaksanakan Fakulas Perikanan di Desa Maelang. Tak hanya itu, dilakukan juga penyuluhan pelatihan mitigasi kebencanaan oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Mipa di Pantai D’Lolak.

Penyuluhan pertanian ketahanan pangan oleh Fakultas Pertanian di Desa Mopugad Kecamatan Dumoga Utara. Serta penyuluhan pengelohaan limbah pertanian seperti jerami Padi, jerami jagung sebagai Pakan ternak Sapi dan melaksanakan vaccinasi Rabies oleh Fakults Peternakan.

Selain itu pelatihan pertanian Holticutura Kopi Arabika oleh Fakultas Pertanian di Desa Poopo Barat Kecamatan Passi Timur dan pelatihan Bahasa Asing, Pariwisata, Metode penyusunan sejarah desa, Bahasa Korespondensi Administrasi Pemerintahan oleh Fakultas Ilmu Bahasa bertemppat di Kantor Bupati.

Penyuluhan Hukum oleh Fakultas Hukum di Desa Mogoyunggung II Kecamatan Dumoga Timur. Penyuluhan pengelolaan dan pertanggungjawaban dana desa oleh Fakultas Ekonomi dan dilanjutkan dengan penandatanganan Mou antara Pemkab Bolmong dan Unsrat bertempat di Rumah Dinas Bupati di Lolak.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, warga Bolmong boleh besyukur atas kedatangan rombongan dari Unsrat Manado. Sebab, kehadiran rombongan akan memberikan pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian serta pelatihan secara cuma-cuma.(Val)
Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google