Headlines News :
Home » , » MEMBANGUN INFRASTRUKTUR PERHUBUNGAN MENUJU SULUT HEBAT

MEMBANGUN INFRASTRUKTUR PERHUBUNGAN MENUJU SULUT HEBAT

Written By Jansen Tongkotou on Rabu, 17 Juli 2019 | 18:34



SULUT KOMENTAR.  Dikutip dari laman resmi Dinas Perhubungan Sulut, ada beberapa sarana dan prasarana infrastruktur perhubungan yang diperjuangkan ODSK sudah mendapat ”lampu hijau”  dari Pemerintah Pusat dan bahkan Bapak Presiden RI sendiri untuk dapat dibangun dan dikembangkan pada tahun 2020 nanti. Diantaranya adalah :

1. Transportasi Darat

Untuk prasarana lalu lintas selain perlengkapan jalan dilokasi pariwisata, akan dibangun ITS (intelegent Transport System) di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Tondano dan Airmadidi. Selain itu juga akan dibangun jembatan penyeberangan orang pada beberapa titik pusat aktifitas masyarakat di Kota Manado seperti simpang transmart, mantos dan megamas.

Sedangkan sarana lalu lintas akan dikembangkan Bus Transportasi Perkotaan untuk melayani kawasan perkotaan BIMINDO (Bitung-Minahasa-Minahasa Utara-Tomohon-Manado).

Untuk memfasilitasi angkutan barang seperti kontainer, truk besar dan kereta gandengan/tempelan akan dibangun Terminal Barang yang berlokasi di Liwas, Kota Manado sebagai tempat bongkar-muat barang.

Pada transportasi sungai, danau dan penyeberangan akan dibangun dermaga penyeberangan dan shelter-shelter pada lokasi pariwisata seperti di manado, bunaken, likupang dan danau tondano. Sedangkan fasilitas sarananya akan dibangun kapal seperti kapal roro dan bus air untuk melayani kawasan tersebut.

2. Transportasi Laut

Untuk transportasi laut pengembangan IHP (International Hub Port) bitung akan terus dibangun sehingga tahun 2020 sudah bisa dimanfaatkan. Selain itu pembangunan pelabuhan penunjang pariwisata seperti Manado Marina Bay di Teluk Manado, Cruise Port (Dermaga Kapal Cruise) di Likupang, bantuan pengadaan Kapal Rede dan fasilitas pendukungnya untuk menunjang program Sulawesi Utara sebagai Destinasi Pariwisata Dunia.

3. Transportasi Udara

Untuk transportasi udara pengembangan Bandar Udara Sam Ratulangi akan terus dibangun dan dikembangkan seperti perluasan Terminal Penumpang dan Perpanjangan Landas Pacu hingga tahun 2020 sudah selesai. Hal ini mengingat kunjungan Wisatawan khususnya dari Tiongkok terus meningkat setiap tahun sedangkan kapasitas Terminal Penumpang dan Landas Pacu saat ini belum bisa mengakomodir pesawat berbadan lebar seperti jenis Airbus 330 dan Boeing 747.

4. Transportasi Perkeretaapian

Untuk transportasi perkeretaapian akan dikembangkan Jalur Kereta Api Manado – Bitung serta Transportasi Perkotaan Kabupaten Minahasa-Kota Manado berbasis Rel. Hal ini untuk mengantisipasi aktifitas masyarakat yang semakin tinggi sehingga membutuhkan jenis transportasi massal untuk menunjang pola pergerakan masyarakat.

          Tentunya perjuangan ODSK dalam membangun Sulawesi Utara lewat pembangunan sarana dan prasarana perhubungan harus mendapat dukungan dari masyarakat karena pembangunan ini semata-mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara.(Jansen)
Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google