MELALUI PROGRAM NON FISIK TMMD, MASYARAKAT DIINGATKAN TETAP JAGA KESEHATAN JIWA

MELALUI PROGRAM NON FISIK TMMD, MASYARAKAT DIINGATKAN TETAP JAGA KESEHATAN JIWA

Kamis, 18 Juli 2019


BITUNG KOMENTAR- Pelaksanaan program non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 yang diprakarsai oleh Kodim 1310/Bitung, dilaksanakan melalui penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat (KJM).

Penyuluhan KJM berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, (18/7/2019).

Narasumber kegiatan diketahui seorang ahli kesehatan masyarakat dari Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Victor Tumbuan. Victor mengupas tuntas perihal kesehatan jiwa masyarakat yang saat ini rentan diderita masyarakat umum dan berpotensi besar merusak psikologi sosial.

"Melalui program TMMD ini, kita ikut serta mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan jiwa. Kesehatan jiwa sangat penting untuk dirawat dan diantisipasi agar tidak terkena berbagai penyakit kejiwaan," kata Dia.

Masalah kesehatan jiwa diungkapkannya, saat ini sudah sangat krisis dan berpotensi menimpa berbagai kalangan masyarakat secara umum. Namun demikian, Victor menyesalkan, faktanya masih banyak masyarakat kita yang belum menyadari bahaya tersebut.

Dia mencontohkan, tindakan kejahatan itu saat ini juga dilakukan oleh kalangan pelajar, mulai dari aksi tawuran hingga berbagai kejahatan luar biasa seperti penyalahgunaan Narkoba.