Notification

×

Iklan

Iklan

GUNA MENAMBAH PENGHASILAN EKONOMI, WARGA MENERIMA PENYULUHAN CARA BETERNAK AYAM KAMPUNG

Jumat, 26 Juli 2019 | 12:30 WIB Last Updated 2019-07-26T04:30:56Z



BITUNG KOMENTAR - Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang penyelengaraannya melibatkan unsur terkait secara terintegrasi serta sesuai dengan semangat dan konsepsi ekonomi daerah sebagai alternatif Pemda untuk mempercepat proses pembangunan, sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat yang berada di wilayah Kodim 1310/Bitung.

Kegiatan program TMMD ke-105 TA. 2019 Kodim 1310/Bitung pada sasaran fisik dan non fisik sebagai bagian dari Bakti TNI yang bertujuan untuk membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan.

Disamping membangun ifrastruktur secara fisik juga menyasar kegiatan non fisik, seperti yang dilakukan Satgas TMMD ke-105 Kodim 1310/Bitung, menggandeng Tim penyuluh dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bitung, mensosialisasikan cara beternak ayam kampung kepaga warga masyarakat Kelurahan Duasudara bertempat di BPU Kantor Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, (25/7/2019).

Pemateri yang hadir diantaranya, Ibu Olga Pinangkaan, SP, (KJF DKPP), Bapak Heri Bustami, S.Pt, (Penyuluh), Ir. John Pilipus (Penyuluh), didampingi Lurah Kelurahan Duasudara, Bapak Lucky Runtuwene, S.Sos.

Menurut penjelasan penyuluh Bpk. Heri Bustami, S.Pt, bahwa ayam kampung adalah jenis ayam yang ada diseluruh Indonesia, yang biasa dibudidayakan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, seperti ayam petelur atau ayam pedaging.

Cara beternak ayam kampung ini lebih efektif dipelihara di kampung atau pedesaan, karena didaerah pedesaan lahan disetiap rumah masih cukup luas. Jika ingin lebih aman lagi, kita bisa buat penghalang atau pagar mengelilingi halaman rumah, supaya ayam tidak pergi terlalu jauh.

"Kelebihan beternak ayam kampung ini adalah peternak dapat menekan biaya pakan, karena hewan ternak bisa mendapatkan makanan dari alam bebas," kata Bapak Heri Bustami.

Di penghujung sosialisasi ini, penyuluh memberikan materi bagaimanan mengatasi/mencegah penyakit pada ayam dan bagaimana pemberian vaksin pada ayam untuk mencegah penyakit, yaitu dengan memberikan vaksin ND/IB dengan cara diteteskan pada mata ayam.

"Kami berharap warga masyarakat di Kelurahan Duasudara, semua bisa sukses beternak ayam kampung ini, untuk meningkatkan dan menambah penghasilan ekonomi masyarakat sendiri," tegasnya.
×
Berita Terbaru Update